Kementan Buat Kalung Anticorona Berbahan Kayu Putih, Achsanul Qosasi: Kenapa Bukan Biofarma?

Kementan Buat Kalung Anticorona Berbahan Kayu Putih, Achsanul Qosasi: Kenapa Bukan Biofarma?

Kalung antivirus berbahan eucalyptus atau kerap disebut juga pohon kayu putih tengah dirampungkan Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbangtan). 

Rencana ini mengundang banyak pertanyaan publik. Salah satunya dari Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Achsanul Qosasi.

Dia bahkan terkejut dengan rencana Kementan yang bakal memproduksi massal kalung yang disebut antivirus itu.

“Ini serius? Mohon para ilmuwan hebat berikan pendapatnya. Kok Kementan? Kenapa bukan Biofarma? Perusahaan vaksin milik negara terhebat se Asia,” tanya dia melalui kicauan di akun Twitter miliknya @AchsanulQosasi, Sabtu (4/7).

Presiden klub Madura United meragukan khasiat kalung anticorona tersebut. Karena itu, Achsanul menyarankan agar Kementan berkonsultasi kepada Biofarma terkait pengembangan kalung tersebut.

“Ini obat apa jimat?” sindir Achsanul Qosasi.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, kalung antivirus ini adalah campuran dari 700 jenis tanaman yang salah satunya diklaim mampu mematikan virus corona atau Covid-19.

“Bulan depan ini sudah dicetak, diperbanyak,” kata Syahrul saat mempromosikan kalung itu ketika bertemu dengan Menteri PUPR Basuki Hadi Muljono.
(rmol/pojoksatu/ima)

Sumber: