Ini Usia Ideal untuk Menikah, Jomlo Siap-siap Saja

Ini Usia Ideal untuk Menikah, Jomlo Siap-siap Saja

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3KB) Brebes dr Sri Gunadi Parwoko mengatakan, usia ideal seseorang untuk menikah itu sekitar 21-25 tahun. Usia 21 tahun itu ideal untuk perempuan dan 25 tahun untuk laki-laki.

Pernyataan tersebut diungkapkannya sesaat senam bersama dalam rangka Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27 tingkat Kabupaten Brebes, Jumat (3/7).

Gunadi menyebutkan, meskipun sesuai undang-undang yang berlaku adalah minimal 19 tahun bisa untuk menikah. Namun, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menentukan usia yang tepat untuk menikah bagi laki-laki adalah 25 tahun dan perempuan 21 tahun. Di usia itu, menurut Gunadi, sudah dianggap matang untuk berkeluarga. 

"Di usia 21 tahun juga perempuan dipandang sudah boleh hamil. Karena di usia itu, organ-organ tubuh tidak lagi berkembang. Secara emosional dan pemikiran juga usia itu sudah mampu berkeluarga. Dengan kematangan ini akan tercipta keluarga yang sejahtera," ungkapnya.

Karenanya, dalam kesempatan itu, pihaknya mengajak masyarakat untuk bertekad membangun keluarga-keluarga hebat yang terencana, sehingga tercipta keluarga berkualitas. 

"Mari bersama-sama dan bertekad dalam membangun keluarga berkualitas. Jadilah keluarga keren, karena berencana itu keren," katanya. 

Dalam kegiatan tersebut, nampak hadir juga Bupati Brebes Idza Priyanti, Wakil Bupati Narjo dan sekertaris daerah (sekda), serta kepala OPD di lingkungan Pemkab Brebes.

Dalam kesempatan itu, Idza menambahkan, Harganas tahun ini dirayakan di tengah pandemi Covid-19. Salah satu hikmah pandemi ini menjadi kesempatan dan peluang bagi keluarga untuk lebih berinteraksi. 

"Melalui keluarga, kita wujudkan sumber daya manusia unggul menuju Indonesia Maju. Karenanya, dengan peringatan Harganas ini, saya berharap bisa menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi keluarga," harapnya. (ded/ima)

Sumber: