Tahun Depan, Alun-alun Tegal Sudah Dilengkapi Pusat Jajanan Serba Ada (Pujasera)

Tahun Depan, Alun-alun Tegal Sudah Dilengkapi Pusat Jajanan Serba Ada (Pujasera)

Pusat jajanan serba ada (Pujasera) bakal segera dibangun di sekitar Kawasan Alun-alun Tegal, tepatnya di sebelah selatan jantung Kota Bahari itu. Penandatanganan kesepakatan kerjasama pembangunannya sudah diteken Pemkot Tegal dengan Perusahaan Daerah (Perusda) Citra Mandiri Jawa Tengah (CMJT) di Gedung Pramuka Jalan Pahlawan Semarang, Kamis (2/7) lalu.

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono mengatakan kesepakatan kerjasama yang ditandatangani dengan Perusda CMJT adalah tentang Pemanfaatan Lahan Milik Pemprov Jawa Tengah. Nantinya, lahan yang berlokasi di sebelah timur Balai Kota Tegal itu akan dimanfaatkan menjadi lokasi lapak-lapak pujasera dan areal parkir.

“Saya bersama direktur CMJT, telah menandatanganai perjanjian kerjasama, untuk pemanfaatan lahan. Jadi yang tadinya lahan milik CMJT, akan kita kelola, untuk dibangun pusat kuliner dan juga tempat parkir,” kata Wali Kota.

Menurut Dedy Yon, di lahan seluas 4.817 meter persegi ini nantinya pedagang kaki lima (PKL) di sekitar bundaran Alun-alun Tegal akan dialihkan ke lokasi tersebut. Sekaligus untuk tempat parkir motor dan Mobil.

"Saat ini kita tengah berupaya agar tidak ada lagi lahan tidur yang merupakan aset milik Pemkot Tegal dan Pemprov Jateng di Kota Tegal," tandasnya.

Di kawasan itu, ungkap Dedy Yon, mampu menampung sekitar 500 pedagang. dari hitung-hitungannya luasnya sudah sangat cukup untuk merelokasi para pedagang yang ada di Alun-alun Tegal saat ini.

Nantinya, tambah Wali Kota, mulai dari Alun-alun Tegal sampai Taman Pancasila tidak ada lagi PKL dan parkir motor dan mobil di tepi jalan. Karena semuanya akan dimasukkan ke lokasi Pujasera. Pengguna jalan hanya dibolehkan melintas dan tidak diperkenankan parkir di jalur itu. (muj/zul)

Sumber: