Bantuan Sosial di Kabupaten Tegal Diduga Bermasalah, Siap-siap Disidak Dinsos Provinsi

Bantuan Sosial di Kabupaten Tegal Diduga Bermasalah, Siap-siap Disidak Dinsos Provinsi

Hal ini menyusul banyaknya laporan dari masyarakat soal mutu beras bansos tersebut.

Ketua LSM Benmas Rudi Suswanto, Rabu (1/7) mengatakan, dalam waktu dekat Dinas Sosial Propinsi Jawa Tengah akan ke Kabupaten Tegal untuk melakukan sidak. LSM Benmas akan mendampingi sidak tersebut ke beberapa BUMDes yang menyalurkan bansos dari provinsi tersebut. 

"Sudah banyak laporan ke gubernur soal bansos provinsi. Makanya dinas sosial dari provinsi akan melakukan sidak, terutama BUMDes yang menyalurkan bantuan tersebut," katanya, Rabu (1/7).

Soal bansos provinsi, tambah Rudi Suswanto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sudah mengetahui laporan dari masyarakat. Dinas sosial diminta melakukan sidak di Kabupaten Tegal karena ada dugaan beras yang didistribusikan untuk masyarakat penerima bantuan tidak sesuai dengan aturan yang ada.

 "Mungkin dua atau tiga hari ini, dinas sosial provinsi akan sidak ke sini. Karena sudah banyak laporan yang masuk ke gubernur," tambahnya.

Dari hasil investigasi di lapangan, lanjut Rudi Suswanto, banyak ditemukan dugaan penyimpangan terutama soal harga dan mutu barang yang diterimakan pada masyarakat. Contoh beras yang diterimakan, mutunya sangat jelek dan tidak sesuai dengan aturan dari provinsi, sehingga masyarakat banyak yang mengadu. (guh/ima)

Sumber: