Tol Tegal-Cilacap Lebih Menguntungkan

Tol Tegal-Cilacap Lebih Menguntungkan

"Kedua dengan dibangunnya jalan tol ini juga tumbuh industri baru yang nanti juga butuh tanah banyak mungkin bisa sampai ribuan hektar dan itu akan berdampak ke sawah yang produktif," lanjutnya.

Selain itu, akan terdapat pula usaha-usaha kecil yang akan mengalami turunnya pendapatan. "Yang ketiga, banyak usaha-usaha kecil yang tadinya bagus jadi turun, seperti usaha makanan, terus beberapa pompa bensin dan tempat usaha lainnya pasti akan terkena dampak," terangnya.

Dan dari kerugian ekonomi hubungan sosial antar masyarakat, Ia menyampaikan jalan yang penghubung antar desa ke desa lainnya dengan adanya tol tentu membuat jarak tempuh masyarakat yang dulunya cepat dengan adanya tol menjadi lambat atau lamq, dikarenakan harus memutar.

"Terus juga kerugian ekonomi hubungan sosial antar masyarakat yang tadinya jalan dari satu Desa ke Desa lain gampang sekarang terhalang jalan tol itu harus muternya jauh, kan tidak boleh nyebrang jalan tol, jadi harus mutar. Dan ini juga termasuk kerugian didalam masyarakat," tutupnya. (win/zul)

Sumber: