Milan Fokus Bidik Tiket Liga Eropa

Milan Fokus Bidik Tiket Liga Eropa

Tiket Liga Eropa menjadi pelampiasan terakhir AC Milan untuk musim depan. Selasa (23/6) dini hari WIB, Rossoneri mulai memanaskan persaingan merebut tiket kasta kedua klub Eropa tersebut.

Mereka akhirnya bangkit setelah menang meyakinkan 4-1 dalam lawatannya ke Markas Lecce dalam lanjutan Liga Italia giornata ke-27. Ini merupakan kemenangan pertama skuad Stefano Pioli dari lima laga terakhir tanpa kemenangan.

Ambisi besar jelas dirasakan Milan sebab mereka ingin melanjutkan hasil positif demi naik ke papan atas klasemen. Harapan tersebut akhirnya terwujud dengan manis.

Pada menit ke-26, Milan unggul terlebih dahulu melalui sontekan santai Samuel Castilejo. Gol ini tercipta berkat inisiatif Hakan Calhanoglu yang bergerak di sisi kanan kemudian melepaskan crossing-nya ke kotak penalti Castillejo yang berada di depan gawang tanpa kesulitan membelokkan bola ke dalam gawang.

Lecce sempat menggetarkan gawang Milan yang dijaga Gianluigi Donnaruma. Umpan silang yang matang dari Marco Calderoni berhasil dikonversikan menjadi gol oleh bek Lecce Biagio Meccariello di menit ke-36. Namu, wasit menganulir gol itu dan menyatakan offside usai menonton tayangan ulang VAR.

Bukannya melemah, tim tuan rumah juga terus menggandakan serangan. Kiper Lecce Gabriel memimpin serangan balik di menit ke-44. Ia mengoper bola kepada striker Lecce Lapadula. Sayangnya, penyelesaian akhir Lapadula belum menemui sasaran. Hingga peluit panjang tanda berakhirnya babak pertama, skor tak berubah.

Kesempatan Lecce untuk menyamakan kedudukan tercipta di menit ke-54. Pelanggaran Mateo Gabbia kepada penyerang Khoumry Boubacar di kotak terlarang membuat wasit memberi hadiah penalti kepada tuan rumah. Winger Lecce Marco Mancosu yang didapuk sebagai eksekutor berhasil menyarangkan golnya dan mengubah skor menjadi 1-1.

Gol penyeimbang Lecce membuat ritme serangan Milan semakin tajam. Milan langsung membalasnya satu menit kemudian. Sontekan Hakan Calhanoglu dari jarak 25 meter ke arah Gabriel berubah menjadi bola muntah. Bomber Milan Bonaventura yang mendapat muntahan tersebut langsung menceploskannya ke gawang dan mencatatkan namanya di papan skor.

Skor 2-1 nyatanya tak membuat armada Stefano Pioli puas. Di menit 57, Ante Rebic yang mendapat operan dari Calhanoglu berhasil maju hingga kotak terlarang. Rebic dengan mudah memperdaya Gabriel dan mengubah skor menjadi 3-1.

Hingga pada menit ke-72, Rafael Leao yang menggantikan Ante Rebic juga mencatatkan namanya ke papan skor. Umpan silang dari Andrea Conti disambutnya dengan sundulan yang mulus meluncur ke gawang Lecce.

Raihan ini membawa Milan naik ke peringkat ketujuh klasemen Liga Italia dengan 39 poin dari 27 laga. Sementara Lecce masih berkutat di zona degradasi dengan menempati posisi ke-18 dengan 25 poin.

"Kami sudah bermain bagus dan bisa menembus ketatnya pertahanan tuan rumah. Namun, kami memang membutuhkan waktu dan akhirnya bisa menembus barikade tersebut," kata Pelatih AC Milan Stefano Pioli selepas pertandingan, dikutip Football Italia.

Bagi Pioli, kemenangan ini menjadi beban tersendiri agar skuadnya tetap konsisten meraup poin penuh. Ya, dengan 11 laga Serie A yang tersisa, rival sekota Inter Milan ini tak boleh tergelincir.

Lawan mereka satu-satunya dalam perburuan tiket Eropa hanya Napoli. Tentu hal ini berat, tim asal Kota Naples tengah dalam konfidensi tinggi setelah merebut Coppa Italia dari Juventus.

Sumber: