Pemimpin Kartel Meksiko Menangis saat Tahu Ibunya Ditangkap, Kirim Sinyal Balas Dendam

Pemimpin Kartel Meksiko Menangis saat Tahu Ibunya Ditangkap, Kirim Sinyal Balas Dendam

Kasih ibu sepanjang jalan, agaknya peribahasa itu berlaku pula bagi pemimpin salah satu kartel di Meksiko yang paling diburu, Jose "El Marro" Yepez. Pimpinan Santa Rosa de Lima Cartel itu sangat murka mengetahui sang ibu ikut ditangkap dalam sebuah operasi pemerintah.

Jose "El Marro" Yepez pun menyampaikan ancaman kepada pemerintah dan musuh bebuyutannya lewat sebuah pesan video. Ketika menyampaikan semua kemarahannya itu, beberapa kali terlihat dia tak kuasa menahan tangisnya saat menyinggung penangkapan ibunya oleh pihak keamanan.

Suaranya bergetar penuh emosi. Diduga ibunya ikut ditangkap dalam operasi keamanan besar di kota Celeya di negara bagian Meksiko yang paling berdarah, Guanajuato.

“Aku akan menjadi batu di sepatumu. Saya akan meledak, Anda akan lihat,” kata Yepez emosial di video itu, seperti dikutip dari Reuters, Senin (22/6).

Dalam video itu, Yepez nampak mengenakan celana jins dengan senapan yang tergantung di atas bahunya. Beberapa kali pula dia mengusap matanya.

Pasukan keamanan Meksiko, Minggu (21/6) kemarin, mengatakan mereka menangkap anggota kelompok kejahatan terorganisir dalam serangan di Celeya. Di mana mereka menemukan sekitar 1 kilogram sesuatu yang menyerupai metamfetamin dan uang tunai 2 juta peso atau sekitar 88.000 dolar AS.

“Di antara para tahanan yang ditangkap bernama Maria ‘N’, Juana ‘N’, dan Rosalba ‘N’, yang diduga sebagai operator keuangan dari organisasi kriminal,” kata badan keamanan Meksiko dalam pernyataan bersama, tanpa menyebut kartel Santa Rosa atau pemimpinnya.

Surat kabar El Universal mengatakan ibu, saudara perempuan, dan pacar Yepez semuanya ikut ditangkap. Yepez mengatakan dia takut pihak berwenang akan menjebak ibunya sebagai salah satu pemimpin kartel.

“Dalam nama ibuku dan orang-orangku, aku tidak takut padamu," katanya.

Yepez juga mengatakan dia dapat membentuk koalisi dengan kartel Sinaloa atau kelompok kejahatan lainnya di utara untuk melawan kartel generasi baru Jalisco. Jalisco adalah musuh Santa Rosa, yang telah melakukan upaya ekspansi berdarah untuk mengambil alih wilayah saingan di seluruh negeri.

Mengutip dari Wikipedia, Jose Antonio Yepez Ortiz, yang dikenal sebagai El Marro, adalah seorang pedagang narkoba dan huachicolero (pencuri minyak) asal Meksiko. Dia adalah pemimpin Kartel Santa Rosa de Lima, sebuah kelompok kriminal yang berbasis di Guanajuato, Meksiko.

Ia dicari oleh Pemerintah Meksiko, karena partisipasinya yang aktif dalam pencurian minyak. Jose ‘El Marro’ Yepez, telah lama menjadi duri dalam pemerintahan Presiden Andres Lopez Obrador, karena penyedotan minyak skala industri gengnya dari perusahaan minyak Pemex. (rmol/zul)

Sumber: