Ratusan Juta Vaksin Covid-19 Diproduksi Akhir Tahun

Ratusan Juta Vaksin Covid-19 Diproduksi Akhir Tahun

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menargetkan ratusan juta dosis vaksin untuk penyakit virus corona (Covid-19) dapat diproduksi pada akhir tahun ini.

"Kami sedang berupaya dengan asumsi kami bisa punya ratusan juta dosis pada akhir tahun ini. Sangat optimistis," ujar kepala sains WHO, Soumya Swaminathan, seperti dikutip AFP, Jumat (19/6).

Swaminathan mengatakan, bahwa pihaknya sangat optimistis vaksin Covid-19 dapat ditemukan dalam waktu dekat karena saat ini sudah ada 200 kandidat, 10 di antaranya bahkan sudah masuk tahap uji coba ke manusia.

"Jika kita sangat beruntung, akan ada satu atau dua kandidat yang berhasil sebelum akhir tahun ini," ujarnya.

Jika sudah ditemukan kelak, WHO akan memprioritaskan vaksin tersebut untuk tiga kelompok utama. Pertama, pekerja garda depan dengan risiko paparan tinggi, seperti petugas medis dan kepolisian.

Kedua, orang yang paling rentan Covid-19, seperti manula dan penderita diabetes. Terakhir, warga di tempat dengan potensi paparan tinggi, seperti permukiman kumuh.

"Kita harus memulai dengan yang paling rentan dan kemudian berangsur memvaksin lebih banyak orang," tutur Swaminathan.

Swaminathan mengakui, bahwa selain tiga kelompok utama tersebut, masih banyak orang yang membutuhkan vaksin Covid-19. Ia pun berharap tahun depan lebih banyak vaksin yang bisa diproduksi.

"Kami berharap pada 2021 kami dapat memiliki dua juta dosis dari satu, dua, atau tiga vaksin yang efektif untuk didistribusikan ke seluruh dunia," pungkasnya. (der/afp/fin)

Sumber: