Tiga Juta Pekerja Lebih Terdampak Covid-19

Tiga Juta Pekerja Lebih Terdampak Covid-19

"Jumlah warga yang secara konkret terkena kesulitan ekonomi jauh melampaui warga yang terpapar virus Corona. Menaker melaporkan jumlah PHK ditambah yang dirumahkan hingga Juni 2020 sekitar 1,9 juta orang," paparnya.

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) juga melaporkan jumlah yang di-PHK mencapai 7 juta orang. Hingga 11 Juni 2020, dari data Worldometer, yang terpapar virus Corona di Indonesia sekitar 35.000 orang. Sedangkan yang meninggal dunia sekitar 2.000 orang.

"Jika dibandingkan yang terkena PHK dan dirumahkan dan terpapar virus Corona, yaitu 7 juta berbanding 35.000. Dengan kata lain, yang terpapar virus ekonomi 200 kali lebih banyak dibandingkan Corona. Wajar jika kecemasan atas kesulitan ekonomi memang lebih masif," terang Rully.

Hingga Juni 2020, grafik yang terpapar, apalagi yang meninggal karena Corona, sudah landai dan menurun. Sebaliknya, grafik kesulitan ekonomi, diukur dari yang di-PHK atau dirumahkan bertambah dari bulan ke bulan.

"Grafik ini, ikut juga membuat kecemasan atas terpapar virus Corona melemah. Sementara kecemasan virus ekonomi meningkat," pungkasnya.(rh/zul/fin)

Sumber: