PPDB Online, Jalur Zonasi Masih Mendominasi

PPDB Online, Jalur Zonasi Masih Mendominasi

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Sekolah Luar Biasa (SLB) negeri akan segera dimulai. Untuk jalur zonasi masih mendominasi dibandingkan jalur lainnya. Sedangkan untuk SMK tidak ada jalur zonasi.

"Untuk PPDB SMK negeri tidak ada jalur zonasi, semua bisa mendaftar. Sedangkan SMA negeri menggunakan jalur zonasi dan diusulkan oleh sekolah," kata Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XI Tegal Samsudin.

Untuk tahun ini, jalur zonasi mendapatkan kuota 50 persen dari daya tampung sekolah, turun dari tahun 2019 sebesar 90 persen. Kemudian jalur afirmasi 15 persen kurang lebih sama dengan jalur siswa kurang mampu dan inklusi dari daya tampung sekolah. Jalur prestasi bisa mengisi 30 persen dari daya tampung sekolah. Nilai UN bisa dijadikan kriteria dalam penerimaan lewat jalur prestasi sebelumnya tidak bisa.

"Pemerintah daerah dapat melakukan presentasi pada masing-masing jalur penerimaan tersebut," ungkap Samsudin.

Sedangkan untuk waktu persiapan PPDB online sudah dimulai sejak 14 Mei hingga 13 Juni 2020, yang merupakan penetapan jalur zonasi.

Kemudian 17 Juni 2020 dibukanya pendaftaran PPDB online SMA, SMK dan SLB negeri. Penutupan pendaftaran online dilakukan 25 Juni 2020.

"Untuk pengumuman hasil seleksi PPDB akan disampaikan 30 Juni 2020 melalui website resmi PPDB online," ujar Samsudin. (mei/ima)

Sumber: