Lokasi Kecelakaan Wakapolres Purbalingga Jalan Desa yang Penerangannya Kurang

Lokasi Kecelakaan Wakapolres Purbalingga Jalan Desa yang Penerangannya Kurang

Kabar duka datang dari keluarga besar Polres Purbalingga. Wakapolres Purbalingga Kompol Widodo Ponco Susanto meninggal dunia, Senin (1/6 ) malam, akibat kecelakaan tunggal di Jalan Raya Desa Baleraksa Kecamatan Karangmoncol. Sepeda motor Yamaha Aerox dengan nomor polisi R 6789 OC yang ia kendarai masuk ke Sungai Muli.

Kasubag Humas Polres Purbalingga Iptu Widyastuti mengkonfirmasi hal tersebut dalam keterangan tertulisnya via pesan singkat. “Innalillahi wainnailaihi rojiun telah meninggal dunia kompol Widodo Ponco S, Wakapolres Purbalingga karena kecelakaan. Semoga husnul khotimah. Aamiin YRA,” ucap Kasubag Humas Polres Purbalingga Iptu Widiyastuti.

Ia mengatakan, Kapolres AKBP M. Syafii Maulla dan jajaran pejabat di Polres Purbalingga juga sedang menunggu jenazah Wakapolres yang berada di RSUD Purbalingga.

“Informasinya kecelakaan tunggal namun data selengkapnya masih menunggu laporan resmi. Kami hanya menerima informasi awal demikian,” tuturnya.

Almarhum sendiri baru menjabat sebagai Wakapolres Purbalingga sejak 16 Oktober tahun lalu. Sebelumnya ia bertugas sebagai Kanit 2 Subdit 2 Ditresnarkoba Polda Jateng.

Kasubag Humas Polres Purbalingga Iptu Widiyastuti mengungkapkan, setelah tadi malam dari rumah sakit, jenazah dibawa ke rumah dinas dan kemudian ke Mapolres untuk mendapat penghormatan terkahir.

Selanjutnya jenazah dibawa ke rumah duka di Perum Bumi Indah Blok J 16 Srondol Semarang. Setelah disemayamkan di rumah duka di Srondol, almarhum akan dimakamkan dengan upacara kedinasan di TPU Pundensari Srondol,” ujar Iptu Widiyastuti, Selasa (2/6) pagi.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi bersama jajaran Forkopimda dijadwalkan akan menghadiri langsung pemakaman tersebut di Srondol Semarang. Dikabarkan sebelumnya, almarhum yang sejak Oktober 2019 menjabat sebagai Wakapolres Purbalingga mengalami kecelakaan tunggal di di Desa Baleraksa Kecamatan Karangmoncol, Purbalingga. Almarhum menghembuskan napas terakhirnya sekitar pukul 20.45 WIB.

Kasatlantas Polres Purbalingga AKP Indri Endrowati mengatakan sebelum mengalami kecelakaan, Wakapolres tengah mengunjungi sejumlah Polsek. Hal itu dalam rangka pengendalian anggota. “Habis cek Polsek, start pukul 18.00 WIB, itu cek polsek-polsek,” kata AKP Indri, Selasa (2/6).

Dia memaparkan, jika dalam upaya pengawasan dan pengendalian anggota, memang tidak harus selalu menggunakan kendaraan dinas. Sehingga, saat itu almarhum Kompol Ponco Widodo mengendarai sepeda motor pribadi bernomor polisi R 6789 OC.

“Yang jelas dalam pengawasan pengendalian tidak harus dinas. Jadi disaat saat kedinasan bisa, disaat santai juga bisa, dalam rangka pengendalian anggota,” ujarnya.

Dijelaskan, saat perjalanan pulang, Wakapolres melaju dari arah utara ke selatan dengan kecepatan sedang pada pukul 20.10 WIB. Menjelang tempat kejadian kondisi jalan menikung ke kiri dan tidak ada penerangan, sehingga kendaraan terus melaju lurus hingga masuk ke Kali Muli.

“Itu di perkampungan, jalan desa jadi penerangannya masih kurang,” jelasnya. (tya/zul)

Sumber: