Daerah Terpaksa New Normal, meski Belum Memenuhi Syarat

Daerah Terpaksa New Normal, meski Belum Memenuhi Syarat

Apalagi di tengah situasi guru non pegawai negeri sipil di daerah yang jumlahnya lebih banyak. Sedangkan mereka hanya mampu diberi intensif Rp600 ribu per bulan atau bahkan ada yang hanya Rp300 ribu per bulan.

"Jadi situasi di infrastruktur dan tenaga pendidikan masih banyak PR. Kalau mau normal baru sempurna, tentu jauh sekali untuk dipraktikkan," pungkasnya.

Terpisah, pengamat telekomunikasi Nonot Harsono memperkirakan layanan video conference masih banyak digunakan pada era normal baru. Terlebih, banyak perusahaan yang mulai memanfaatkan teknologi tersebut.

"Jika setelah masa WFH mulai banyak yang bisa memilah kerjaan yang bisa di-online-kan, mungkin masih banyak yang akan video conference," kata Nonot di Jakarta, Sabtu (30/5).

Kebijakan bekerja dari rumah (WFH) meningkatkan trafik jaringan. Namun, Indonesia tidak serta merta beralih ke video conference. Dia menyebut, Zoom mengalami peningkatan penggunaan sebanyak 200 kali lipat. Sementara menurut Telkom, peningkatan trafik di jaringannya hanya sekitar 20 persen.

Di era new normal, menjadi waktu yang tepat bagi kantor atau perusahaan untuk mengadopsi pola kerja dengan lebih memanfaatkan teknologi. Satu di antara yang perlu dilakukan oleh manajemen perusahaan atau kantor pemerintahan dalam memasuki era normal baru adalah membuat peta pekerjaan baru.

Yakni bisa memilah mana jenis pekerjaan yang bisa ditakar dengan project-based dan mana yang rutinitas clerk (surat menyurat) yang wajib hadir fisik.

Dalam memasuki era normal baru di tengah pandemi COVID-19, pemerintah perlu memastikan jaringan internet Indonesia telah memenuhi tiga hal. "Pertama, ketersediaan akses, kedua, kapasitas yang cukup, dan ketiga kualitas yang memadai. Itu harus menjadi prioritas nasional," paparnya.

Sementara itu, Menkominfo Johnny G Plate menjelaskan pihaknya telah melakukan kegiatan monitoring kualitas layanan telekomunikasi selama masa pandemi COVID-19 dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Sektor industri telekomunikasi dan infrastruktur telekomunikasi menjadi dasar terbentuknya ekosistem di era norma baru," jelas Johnny. (rh/zul/fin)

Sumber: