Jelang Penerapan New Normal Life, TNI-Polri Berseragam Lengkap Datangi Mal di Tegal

Jelang Penerapan New Normal Life, TNI-Polri Berseragam Lengkap Datangi Mal di Tegal

Sejumlah petugas gabungan dari unsur TNI-Polri mendatangi sebuah mal ternama di Kota Tegal pada Kamis (28/5) sore. Itu dilakukan untuk melihat secara langsung persiapan pengelola tempat umum menjelang penerapan new normal life di Kota Bahari.

Dalam kegiatan itu, dilakukan pengecekan langsung penerapan protokol kesehatan. Selain itu, tim yang dipimpin langsung Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari, Dandim 0712/Tegal Letkol Inf. Richard Sangari dan Danlanal Tegal Letkol Mar. Ridwan Azis memberikan imbauan langsung kepada pengunjung maupun pengelola mal.

Ditemui usai kegiatan, Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari mengatakan, pihaknya sengaja menggelar sidak untuk melihat sejauhmana persiapan menjelang penerapan new normal life. Sebab, sebelum diterapkan perlu adanya persiapan-persiapan yang dilakukan.

"Kegiatan sore ini untuk melihat sejauh mana persiapan-persiapan yang dilakukan menjelang pelaksanaan new normal life," katanya.

Menurut kapolres, new normal dilakukan untuk membuka kegiatan yang bersifat ekonomi, sosial dan publik secara terbatas. Artinya, yang semula dilakukan tanpa standar kesehatan, maka setelah pandemi kegiatan boleh dilakukan dengan standar itu secara terbatas.

"Bisa dilakukan kegiatan ekonomi, sosial dan publik tetapi harus mengenakan masker, cuci tangan, menjaga jarak. Itu agar bisa mencegah terpapar Covid-19," tandasnya.

Kapolres menyebut, dari hasil pantauannya, secara prinsip pengelola tempat publik sudah siap menerapkan new normal life itu. Tinggal pembinaan dan pengawasan saja yang perlu diintensifkan.

Karenanya, kata kapolres, pihaknya bersama TNI siap untuk membantu pengamanan pelaksanaan new normal itu. Nantinya, ada anggota yang ditugaskan untuk mobile melakukan pengawasan di tempat-tempat publik. (muj/ima)

Sumber: