Daftar Tempat Peninggalan Bersejarah di Tegal, Jejak Masa Lalu yang Hampir Terlupakan

Jumat 11-10-2024,14:24 WIB
Reporter : Aditya Saputra
Editor : Khikmah Wati

Radartegal.com - Tegal, sebuah kota di Jawa Tengah, bukan hanya dikenal dengan warung tegalnya (warteg) yang legendaris, tetapi juga menyimpan tempat peninggalan bersejarah di Tegal dari masa kolonial dan perkembangan industrinya. 

Jika kalian berkunjung ke kota ini, ada beberapa tempat peninggalan bersejarah di Tegal yang wajib kalian ketahui, terutama bagi kalian yang tertarik dengan sejarah dan arsitektur masa lalu. 

Sayangnya, seiring berjalannya waktu, beberapa tempat peninggalan bersejarah di Tegal ini mulai dilupakan, bahkan diabaikan, padahal nilai historisnya begitu tinggi. 

Berikut adalah beberapa lokasi bersejarah di Tegal yang patut diketahui yang kami kutip dari telusuri dan regional.espos. Simak ulasan lebih lanjut di bawah ini.

BACA JUGA: Teliti Banteng Loreng Binoncengan, Mahasiswa Unnes Blusukan ke Situs Bersejarah di Tegal

BACA JUGA: Stasiun Bersejarah Tegal Bakal Direvitalisasi dengan Anggaran Rp 8,22 Miliar

Daftar tempat peninggalan bersejarah di Tegal

1. Kompleks Pabrik Texin

Kompleks Pabrik Texin, yang dulunya dikenal sebagai PT Industri Sandang Nusantara Unit Pabriteks Tegal, adalah salah satu situs industri terbesar di Asia Tenggara pada masanya.

Pabrik tekstil ini menjadi simbol kemajuan industri di Tegal, dan menjadi bagian dari perkembangan ekonomi di Indonesia pada abad ke-20.

Terletak di Jalan Palar Raya, pabrik ini mulai meredup seiring dengan krisis yang menimpa industri tekstil di Indonesia, hingga akhirnya bangkrut pada akhir tahun 2000.

Meski sudah lama ditinggalkan, bangunan ini masih berdiri kokoh, menjadi saksi bisu kejayaan masa lalu.

Namun, tanpa pemeliharaan yang tepat, bangunan ini perlahan mulai rusak, seolah menunggu waktu hingga benar-benar runtuh.

BACA JUGA: 5 Bangunan Bersejarah di Jawa Tengah, Salah Satunya Menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO

BACA JUGA: Ada yang Sudah Berumur 200 Tahun, Ini 4 Masjid Bersejarah di Tegal yang Masih Digunakan sampai Sekarang

Melihat pabrik ini dari dekat, kalian akan menyaksikan sisa-sisa masa keemasan yang kini tampak begitu kontras dengan kondisi sekarang.

2. Perumahan Penggede Hindia Belanda

Kategori :