Sejumlah Logistik Pilkada 2024 di Tegal Sudah Tiba, Polisi Tempatkan Personel Penjagaan

Rabu 09-10-2024,19:30 WIB
Reporter : Teguh Mujiarto
Editor : Teguh Mujiarto

TEGAL, radartegal.com – Sejumlah logistik yang akan digunakan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 kini sudah tersimpan di Gudang KPU Kota Tegal. Untuk memastikan keamanannya, jajaran Polres Tegal Kota menempatkan personelnya untuk melakukan penjagaan.   

Beberapa logistik yang sudah ada di Gudang KPU antara lain, bilik suara  sejumlah 1.508 buah, tinta ada 754 botol, kabel ties ada 4.524 dan kotak suara ada 762 buah. Sementara logistik lainnya kini masih dalam proses pengadaan oleh KPU.

Kapolres Tegal Kota melalui Kabag Ops Kompol Nurkholis mengatakan menyikapi adanya sejumlah logistik yang sudah mulai berdatangan, pihaknya telah menempatkan sejumlah personel. Tujuannya, untuk pengamanan gudang logistik milik KPU guna mengantisipasi terjadinya hal- hal yang tidak diinginkan.

“Kami sudah menempatkan personel kami untuk melakukan pengamanan di Gudang untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Kita juga melakukan pengamanan di kantor KPU dan Bawaslu,” katanya.

BACA JUGA: Pastikan Tercukupi, Ketua KPU Kota Tegal: Logistik Urat Nadinya Pemilihan

BACA JUGA: Disimpan di 2 Tempat, Logistik Pilbup Brebes 2024 Mulai Berdatangan

Menurut Kabag Ops, selain menempatkan personel untuk pengamanan, piihaknya juga rutin melaksanakan patroli dan sterilisasi. Itu semua dilakukan untuk menjamin kepastian keamanan para pegawai serta barang-barang logistik Pilkada.

"Dengan penjagaan dan kegiatan patrol yang kita lakukan, harapannya, penyelenggara akan merasa nyaman dalam mempersiapkan pelaksanaan Pilkada di Kota Tegal," ujarnya.

Selanjutnya, Kabag Ops berharap pelaksanaan Pilkada 2024 di Tegal akan berjalan dengan aman, lancar dan kondusif. Sehingga, Pembangunan di Kota Tegal akan terus berlanjut.

Logistik Urat Nadi Pilkada 2024 di Tegal

Sebelumnya, Ketua KPU Kota Tegal Karyudi Prayitno mengatakan pihaknya akan memastikan logistik yang dibutuhkan akan tercukupi. Sebab, baginya, logistik itu ibarat urat nadi yang akan mengalirkan oksigen nutrisi ke dlm organ tubuh agar tetap sehat.

BACA JUGA: 754 Botol Tinta Logistik Pilkada 2024 di Tegal Tiba di Gudang KPU, Kabel Ties Menyusul

BACA JUGA: Polisi Kawal Ketat Distribusi Logistik Pemilu 2024 di Tegal

“Itulah vitalnya sebuah logistik dalam Pemilihan. Sebagus apapun tahapan klau logistiknya tidak ada maka akan terkendala semua. Karenanya, kami akan memonitoring terus secara kontinuitas," kata Karyudi.

Menurut Karyudi, dasar pengadaan logistik itu tertuang dalam PKPU 12/2024 tentang Pemungutan Suara, Dukungan Perlengkapan Lainnya, dan Perlengkapan Pemungutan Suara Lainnya dalam Pilgub, Pilwalkot dan Pilbup. Serta Keputusan KPU 1337 tentang Desain Surat suara dan desain Alat bantu Tunanetra.

“Kemudian, dalam penyelenggaraan logistik, kami berpegang pada prinsip 4 tepat. Tepat jenis, tepat jumlah, tepat waktu, tepat kualitas dan tepat sasaran," terangnya.

Karyudi mengungkapkan, hingga saat ini sudah ada beberapa logistic Pilkada 2024 yang sudah tiba di Gudang KPU Kota Tegal. Itu, antara lain bilik suara sebanyak 1.508 unit, tinta 754 botol, kabel ties 4.524 botol dan kotak suara 762.

BACA JUGA: Pergeseran Logistik Pemilu 2024 di Tegal Dimulai Besok

BACA JUGA: Polres Tegal Kawal Distribusi Logistik Pemilu 2024 dari Gudang KPU Hingga ke TPS

“Beberapa sudah ada di Gudang, Sebagian lainnya masih dalam proses, kita akan pastikan tercukupi. Karena logika tanpa logistik sama dengan anarkis dan Pemilu tanpa logistik sama saja tidak ada pemilu," pungkasnya. 

Demikian informasi terkait pengamanan logistik Pilkada 2024 di Tegal yang dilakukan jajaran Polres Tegal Kota. Sebagian logistik memang sudah berada di gudang KPU Kota Tegal.

Kategori :