Dorong Siswa Kunjungi Gigantopithecus Expo 2024, Dikbud Kabupaten Tegal: Anak-anak Wajib Tahu

Senin 07-10-2024,13:42 WIB
Reporter : Hermas Purwadi
Editor : Khikmah Wati

SLAWI, radartegal.com- Berlangsung di Taman Rakyat Slawi (Trasa) Kabupaten Tegal, Gigantopithecus Expo 2024 mendapat perhatian serius Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten  Tegal.

Pameran kontemporer Wanara Seba dengan menghadirkan 'Si  Primata Raksasa' dari Semedo itu mulai dibuka 7 hingga 13 Oktober 2024.

Pemeran ini diharapkan dapat dimaksimalkan untuk menambah wawasan pengetahuan pelajar di tingkat SD dan SMP yang ada di Kabupaten Tegal. 

Plt Kepala Dinas Dikbud Suspriyanti berharap semua siswa SD dan SMP bisa datang di perhelatan ini secara bergantian.

BACA JUGA: Fosil Kera Raksasa Dipamerkan di Trasa Tegal dalam Gigantopithecus Expo 2024

BACA JUGA: Susuri Temuan Fosil Kingkong di Bukit Semedo Tegal, Berbagai Komunitas Ikut Tapak Tilas

"Ini adalah momen sejarah yang anak-anak Kabupaten Tegal wajib tahu bahwa Gigantopithecus  yang ada di Asia Tenggara hanya ada di Kabupaten Tegal," ujarnya di sela-sela mendampingi Sekda membuka pameran, Senin 7 Oktober 2024. 

Dia juga menyatakan bahwa tujuan utama diselenggarakannya Gigantopithecus Expo 2024 adalah untuk menyosialisasikan kepada masyarakat bahwa Gigantopithecus atau kera terbesar yang pernah ditemukan ada di Kabupaten Tegal tepatnya di Museum Semedo. 

Dia menegaskan bahwa Gigantopithecus Expo 2024, digelar berkat kerja sama semua pihak seperti Dewan Kesenian Kabupaten Tegal, Dewan Kebudayaan Daerah Kabupaten Tegal, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Tegal, dan Pemkab Tegal. 

"Kami ingin mengenalkan kepada masyarakat tidak hanya Kabupaten Tegal saja, melainkan Jateng, Nasional bahkan bisa Internasional. Sehingga nantinya berduyun-duyun datang ke Museum Semedo atau ke Gigantopithecus Expo 2024. Berdasarkan informasi yang saya terima, dalam sebulan pengunjung Museum Semedo tidak kurang dari 6 ribu orang," cetusnya. 

BACA JUGA: Jarang Ada yang Tahu, Ini Keanekaragaman Artefak Langka di Obyek Wisata Museum Situs Semedo Tegal

BACA JUGA: Sejarah Desa Semedo di Tegal, Bukti Peradaban Zaman Purba Ada di Indonesia

Pihaknya juga menyatakan di even kali ini juga akan digelar pekan Kebudayaan sedari tanggal 9 hingga 10 Oktober 2024 yang menampilkan kesenian Wayang Gagrak, Sampyong, hingga Kuntulan. 

Puncaknya akan digelar pagelaran kolosal Pandhita Wanara Agung di tanggal 13 Oktober 2024. (ADV)

Kategori :