Bangun Brebes Lebih Baik, Pj Bupati Sowan ke Pemprov Jateng

Kamis 03-10-2024,20:25 WIB
Reporter : Dedi Sulastro
Editor : Teguh Mujiarto

BREBES, radartegal.com - Guna memperkuat pembangunan di Brebes, Pj Bupati Djoko Gunawan sowan kebeberapa dinas yang ada di Pemprov Jateng. Menurutnya, memperkuat pembangunan daerah tidak bisa dengan kekuatan tangan sendiri.  

Menurutnya, membangun Brebes lebih baik harus saling kuat menguatkan dengan banyak tangan yang ikut andil. Seperti Kabupaten Brebes yang memiliki Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang kecil, maka perlu sokongan program dari pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat agar pembangunan semakin merata. 

 

Sejumlah dinas yang dikunjungi Pj Bupati dalam meningkatkan kerjasama pembangunan di Brebes yakni Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jawa Tengah, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperwaskim) Provinsi Jateng dan Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah.

 

"Kami ingin bergandengan tangan dengan pemerintah provinsi maupun pusat agar ada sinkronisasi dan kolaborasi program," ujar Djoko usai roadshow kunjungan ke tiga OPD Provinsi Jateng. 

 

BACA JUGA: Sah! Djoko Gunawan Resmi Dilantik Jadi Pj Bupati Brebes

 

BACA JUGA: Sekolah Tidak Boleh Jual Seragam, Pj Bupati Brebes: Beli Sendiri-sendiri Sesuai Selera

 

Menurutnya, sejunlah persoalan masih ada di Kabupaten Brebes. Karenanya, pihaknya memohon dukungan alokasi seperti bantuan gubernur (bangub) dari pemerintah provinsi ataupun Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat. Dukungan dari Pemprov maupun Pemerintah Pusat sangat membantu percepatan Pembangunan di Kabupaten Brebes.

 

“Brebes masih didera persoalan kemiskinan ekstrem, stunting, pengangguran, pendidikan, dan lain-lain maka perlu di sengkuyung bareng,” ujarnya.

 

Lebih lanjut, dia menyampaikan kunjungannya ke beberapa OPD di Jateng sebagai bentuk ikhtiar dalam mengurai berbagai persoalan yang ada di Brebes. Ketika bersilaturahmi ke Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperwaskim) Provinsi Jateng, Djoko membeberkan tentang penanganan kawasan kumuh, Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), kebencanaan dan pertanahan. 

 

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jawa Tengah Harso Susilo mengungkapkan bahwa pemerintahan yang baru Presiden Prabowo mulai 2025 lebih banyak mulai desa. Termasuk didalamnya pendidikan kesehatan, sosial dan infrastruktur di Brebes akan dialokasikan.

 

BACA JUGA: Jabatan Diperpanjang, Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar Kembali Kukuhkan Djoko Gunawan Jadi Sekda

 

BACA JUGA: Harganas, Pj Bupati Brebes Ajak Warga Refleksikan Peran Membangun Keluarga Berkualitas

 

Menurutnya, daerah yang memiliki luasan wilayah yang luas perlu adanya solidaritas yang kuat, mentradisikan gotong royong, sinergis, dalam rangka meningkatkan Pembangunan. Saat ini misalnya, ada keluhan masyarakat menjelang musim hujan, maka bencana mengintai wilayah kita seperti rawan longsor dan sungai meluap. 

 

“Apa yang menjadi kendala, kita selesaikan dalam waktu dekat, diselesaikan dengan baik,” ujarnya.

 

Sedangkan Kepala Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah AR Hanung Triyono menjelaskan. Panjang jalan provinsi yang ada di Kabupaten Brebes sering mengalami amblas dan longsor. Hanung berjanji akan bersama-sama menyelesaikan berbagai persoalan infrastruktur yang menjadi kewajiban pihak provinsi dengan kolaborasi pemkab. 

 

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperakim) Provinsi Jawa Tengah, Arief Djatmiko MA mengatakan, Kabupaten Brebes menjadi salah satu target pelaksanaan pembangunan karena dari Brebes selalu ada respon dan  progres yang bagus. 

 

Kalau berbasis usulan, lanjutnya, maka Disperwaskim akan mengakomodir masukan dari Brebes setiap tahunnya. Diantaranya pembangunan pemukiman baru, RTLH dan pembangunan baru yang berbasis komunitas dan non komunitas. Program yang digelontorkan selalu berhasil dengan baik tentu atas arahan bupati dan untuk kita lanjutkan ke depan.

Kategori :