Kampas rem adalah komponen yang sangat penting dalam sistem pengereman motor.
Setiap kali kalian menekan tuas rem, kampas rem yang sudah aus akan membuat pengereman kurang maksimal.
Maka dari itu, periksa kampas rem secara rutin.
Ketika kampas rem sudah tipis atau hampir rata dengan tanda batas yang tertera pada kampas, itu berarti sudah waktunya mengganti.
Jika kalian terus menggunakan kampas rem yang sudah aus, bukan hanya pengereman menjadi tidak optimal, tetapi juga bisa merusak cakram rem kalian.
BACA JUGA: Spesifikasi Fitur Honda PCX 160 2024 Tipe ABS dan CBS: Dua-duanya Nyaman dan Aman Dikendarai
BACA JUGA: Perbedaan Fitur Pengereman ABS dan CBS Motor Honda, Mana yang Cocok dan Lebih Aman untuk Anda?
Jika kalian ragu apakah kampas rem masih dalam kondisi baik atau tidak, disarankan untuk mengunjungi bengkel resmi Honda untuk pemeriksaan lebih lanjut.
3. Bersihkan Kaliper dan Cakram Rem Secara Rutin
Debu dan kotoran yang menumpuk di kaliper dan cakram rem bisa mengganggu kinerja pengereman.
Oleh karena itu, kalian harus rutin membersihkan kaliper dan cakram rem.
Bersihkan debu, tanah, atau kotoran lainnya yang menempel pada komponen ini.
Pastikan juga bahwa kaliper dan cakram terpasang dengan baik dan tidak ada bagian yang goyang atau longgar, karena hal ini bisa mempercepat keausan komponen.
Jika dibiarkan, kotoran yang menumpuk di kaliper dan cakram bisa menurunkan performa pengereman dan bahkan merusak sistem ABS.
Bersihkan menggunakan cairan pembersih rem khusus yang bisa kalian dapatkan di bengkel atau toko otomotif.
BACA JUGA: Motor Touring! Intip 6 Keunggulan TVS Ronin 225, Desain Retro Modern Dibekali Fitur ABS Dual Channel