Apakah Motor Honda dengan Sistem Keyless Aman dari Maling? Ini Keterangan dari Ahlinya

Sabtu 21-09-2024,20:15 WIB
Reporter : Aditya Saputra
Editor : Teguh Mujiarto

Beberapa pemilik motor sering kali tidak sadar bahwa tindakan mereka sendiri bisa membuka peluang bagi maling untuk mencuri motor, meskipun sudah menggunakan keyless.

Salah satu kesalahan yang sering terjadi adalah meletakkan remote keyless di tempat yang mudah diakses, seperti laci motor atau bagasi, lalu lupa mengambilnya saat meninggalkan motor. Jika hal ini terjadi, motor kalian akan lebih rentan dicuri.

“Banyak yang taruh remote di laci atau bagasi, terus lupa ngambil pas motor diparkir. Ini otomatis bikin motor lebih gampang diambil sama maling,” lanjut Tian.

BACA JUGA: Wow! Motor Bekas Honda Karisma Ditawar Rp900 Ribu, Bebek Irit dengan Mesin Badak

BACA JUGA: Murah Banget, Segini Cicilan Honda Supra X 125 September 2024

Remote keyless yang tertinggal ini adalah celah bagi maling. Dengan adanya remote yang masih berada di dekat motor, maling bisa dengan mudah menghidupkan motor dan membawanya kabur.

Namun, jika remote tidak berada di sekitar motor, meskipun knob atau tombol start motor dibobol, motor tetap tidak akan bisa menyala. Sistem pengaman ECU akan tetap bekerja dan memutus arus kelistrikan jika remote tidak terdeteksi.

Pengakuan Pelaku Curanmor

Seorang mantan pelaku pencurian motor, OA, yang pernah ditangkap oleh pihak Polsek Tambora, Jakarta Barat, menceritakan pengalamannya dalam membobol motor yang sudah menggunakan fitur keyless.

Menurut pengakuannya, dia pernah mencoba mengambil motor dengan sistem keyless, namun usaha tersebut tidak sepenuhnya berhasil.

BACA JUGA: 6 Rekomendasi Motor Bebek Honda Bekas Super Irit, Harganya Mulai dari Rp1 Jutaan

BACA JUGA: Teknologi Rem CBS Motor Matic Honda Pertama Kali di Terapkan di Motor Apa? Ini Sejarahnya

OA mengungkapkan bahwa dia dan rekannya pernah mencuri motor berfitur keyless dengan cara didorong sampai ke bengkel. Namun, saat tiba di bengkel, mereka kesulitan menghidupkan motor tersebut karena sistem ECU tidak terhubung dengan remote.

“Kami bawa motor ke bengkel, tapi hasilnya nihil, motor tidak bisa hidup. Kecuali kalau motor dibawa ke bengkel resmi, baru bisa diakali. Akhirnya motor dijual kiloan (dipretelin),” ujar OA.

Dari pengakuan ini, bisa disimpulkan bahwa meskipun motor berfitur keyless bisa diambil dengan cara didorong atau diangkut ke tempat lain, motor tetap tidak akan bisa menyala jika ECU tidak terhubung dengan remote yang seharusnya.

Kategori :