6 Mitos Jawa Terkenal yang masih Dipercaya sampai Sekarang, Pantang Keluar Rumah saat Maghrib Tiba

Senin 09-09-2024,11:01 WIB
Reporter : Zuhlifar Arrisandy
Editor : Zuhlifar Arrisandy

radartegal.com - 6 mitos terkenal yang dipercaya dan masih dipegang teguh  masyarakat Jawa,  akan dibahas dalam artikel ini. Salah satunya soal larangan keluar rumah saat Maghrib tiba.

Konon dari cerita yang berkembang di sejumlah komunitas masyarakat Jawa, jika keluar di saat petang hari bisa diculik kalong wewe. Apa itu kalong wewe?

Kalong wewe merupakan makhluk gaib yang banyak disebut, bisa membawa terbang seseorang. Konon yang diincar adalah anak-anak yang masih berkeliaraan di luar rumah saat Maghrib. 

Benar atau tidaknya tergantung pemahaman orang per orangnya. Yang jelas memang ada kejadian anak hilang saat Maghrib, meskipun sebagian besar bisa ditemukan.

Dengan memahami 6 mitos Jawa yang terkenal, Anda akan belajar banyak terkait budaya Jawa termasuk kisah-kisah misteri yang ada di dalamnya.

BACA JUGA: Masih Dipercaya, Ini 5 Mitos Sunda Penuh Misteri yang Masih Melegenda sampai Sekarang

BACA JUGA: Hati-hati, Mitos Ramuan Racikan yang Bikin Langsing Bisa Sangat Berbahaya untuk Tubuh

6 mitos Jawa yang terkenal sampai sekarang

Mitos memiliki tempat yang kuat dalam budaya Jawa, menghiasi kehidupan sehari-hari dengan cerita-cerita yang melekat dalam kepercayaan masyarakat. Mari kita gali lebih dalam dan mengungkap fakta-fakta menarik di balik setiap kepercayaan ini.

1. Dibawa Kalong Wewe

Mitos pertama yang sering terdengar adalah larangan keluar rumah saat Maghrib tiba. Karena berkaitan dengan keberadaan makhluk gaib kalong wewe.

Kita akan menyoroti mitos ini dengan lebih detail, membahas asal-usulnya, serta apakah ada pesan tertentu yang ingin disampaikan kepada masyarakat melalui mitos ini.

2. Makan Sambil Tiduran dan Ular Misterius

Kedua adalah terkait kepercayaan bahwa makan sambil tiduran dapat menyebabkan munculnya ular. Apakah ada dasar kesehatan yang mendukung kepercayaan ini, ataukah ini sekadar legenda tanpa dasar?

BACA JUGA: Mitos Berendam Pagi Sore di Pantai Pulau Kodok Tegal Dapat Mengobati Penyakit, Benarkah?

Kategori :