KPU Umumkan Hasil Rikkes dan Verifikasi Administrasi Pendaftaran Calon Walikota dan Wakil Walikota Tegal

Jumat 06-09-2024,17:31 WIB
Reporter : Teguh Mujiarto
Editor : Teguh Mujiarto

TEGAL, radartegal.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyerahkan Hasil pemeriksaan kesehatan (rikkes) pasangan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Tegal Pilkada 2024 kepada Lo masing-masing. Penyerahan dilakukan Jumat, 6 September 2024 siang di Aula KPU.

Penyerahan dihadiri 4 Komisioner KPU, Bawaslu dan perwakilan atau LO masing-masing paslon. Bersamaan dengan itu, juga disampaikan hasil verifikasi administrasi berkas pendaftaran. 

Komisioner KPU Kota Tegal Divisi Penyelenggaraan Tekhnis Moh. Mansyur Syarifudin usai penyerahan mengatakan sesuai tahapan yang ada, pemeriksaan kesehatan dilakukan pada 31 Agustus dan 1 September 2024. Selanjutnya, tim dokter melakukan pleno untuk menentukan hasil pemeriksaan kesehatan.

"Pemeriksaan kesehatan di RSUP Dr Kariadi Semarang. Itu, dilakukan secara menyeluruh oleh tim dokter yang ada di sana," katanya.

BACA JUGA: 3 Paslon Walikota dan Wakil Walikota Tegal Pilkada 2024 Jalani Rikes di Semarang, Ini Kata KPU

BACA JUGA: Jalani Rikes, Dua Bapaslon Bupati dan Wabup Tegal Diperiksa 65 Dokter Spesialis

Menurut Mansyur, dari hasil pemeriksaan, secara umum ketiga paslon dinyatakan memenuhi syarat. Itu, berarti mampu secara jasmani dan rohani serta bebas dari penyalahgunaan narkotika.

"Pemeriksaan kesehatan bersifat final dan tidak dapat dilakukan pemeriksaan pembanding," jelasnya.

Bersamaan dengan itu, kata Mansyur, pihaknya juga telah menyelesaikan verifikasi dan klarifikasi berkas pendaftaran ketiga paslon. Selanjutnya, sesuai tahapan ada masa perbaikan berkas administrasi yang akan dilakukan pada 6-8 September 2024.

"Ada beberapa catatan yang kami berikan kepada masing-masing paslon untuk dilakukan perbaikan. Terkait itu, kami siap untuk melakukan pendampingan," pungkasnya.

BACA JUGA: Masa Pendaftaran Berakhir, KPU Terima Pendaftaran 3 Paslon Walikota dan Wakil Walikota Tegal Pilkada 2024 

BACA JUGA: Hari Terakhir Pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati Brebes, Paslon Ini Jadi yang Pertama Mendaftar ke KPU

Seperti diberitakan sebelumnya, KPU membuka pendaftaran pasangan bakal calon Wakil Walikota Tegal Pilkada 2024 pada 27-29 Agustus 2024 lalu. Tercatat ada 3 pasangan yang telah mendaftar, yakni Edy Suripno-Akhmad Satori, Dedy YonSupriyono-Tadzkiyatul Muthmainah dan Faruq Ibnul Haqqi-M. Ashim Adz Dzorif. 

Kategori :