Tips #Cari_Aman untuk Mahasiswa Baru saat Ngampus Pakai Sepeda Motor

Jumat 30-08-2024,08:45 WIB
Reporter : Zuhlifar Arrisandy
Editor : Zuhlifar Arrisandy

SEMARANG, radartegal.com – Penggunaan sepeda motor meningkat, karena banyak mahasiswa baru (maba) yang memilihnya sebagai alat transportasinya untuk kuliah. Itulah sebabnya, mereka harus mengetahui tips #cari_aman untuk mahasiswa baru saat ngampus.

Tentunya para maba mempunyai alasan–alasan tersendiri, kenapa lebih memilih menggunakan sepeda motor untuk kuliah. Di antaranya fleksibel, mandiri, efisiensi biaya, praktis, mudah, dan bahkan status sosial.

Naik motor memungkinkan mahasiswa untuk bergerak dengan lebih bebas dan cepat, utamanya di lingkungan yang padat. Terlebih lagi, mereka dapat menghindari kemacetan dan lebih mudah menemukan tempat parkir.

Selain itu biaya bahan bakar dan perawatan pun cenderung lebih murah. Itulah sebabnya para maba putuh pengetahuan tentang safety riding, salah satunya adalah dengan menyimak artikel  tips #cari_aman untuk mahasiswa baru saat ngampus ini.  

BACA JUGA: Pengetahuan #Cari_Aman, Kenali Cara Aman saat Melintas di Bundaran

BACA JUGA: Tips #Cari_aman, Kenali Karakter Motor yang Cocok untuk Perkotaan

Tips #cari_aman untuk mahasiswa baru

Mengendarai sepeda motor, relatif lebih mudah dibandingkan mobil. Sehingga sebagian besar maba dapat dengan cepat bisa mengendarainya.

Bahkan beberapa mahasiswa menganggap, memiliki motor saat kuliah merupakan simbol kebebasan, petualangan, dan gaya hidup tertentu. Meski begitu, ada implikasi yang terjadi dengan peningkatan jumlah pengguna sepeda motor di sekitar kampus.

Antara lain dapat berkontribusi terhadap tingkat kecelakaan, peningkatan volume pengguna jalan, fasilitas parkir yang menjadi terbatas, timbul parkir liar, dan penumpukan. Sehingga dibutuhkan pemahaman menyeluruh terkait hal tersebut.

Informasi yang berhasil dihimpun Tim Safety Riding Astra Motor Jawa Tengah menyebutkan fakta yang menarik. Dari laporan 2 universitas besar di Jawa Tengah ke pihak manajemen kampus tentang kecelakaan yang terjadi di lingkungan kampus, terbanyak justru dialami maba.

BACA JUGA: Tips #Cari_Aman, Kenali Potensi Bahaya di Jalan Menurun dan Menikung

BACA JUGA: Tim Safety Riding Astra Jateng Beberkan Tips #Cari_Aman Berkendara Waktu Reaksi dan Waktu Manuver

Saran untuk maba

Beberapa saran  tips #cari_aman untuk mahasiswa baru  yang penting saat kuliah ke kampus dengan menggunakan sepeda motor, agar aman dan nyaman bertransportasi antara lain:

Kategori :