Gak Perlu Pakai Panik, Begini Cara Menghadapi Teror DC Pinjol yang Meresahkan

Rabu 21-08-2024,18:57 WIB
Reporter : Hanif Nabilla Risqita
Editor : Teguh Mujiarto

radartegal.id- Berikut ini ada beberapa cara menghadapi teror DC Pinjol yang biasanya membuat resah. Jadi Anda tidak perlu panik dan melakukan hal-hal nekat yang dapat merugikan anda sendiri.

Saat ini banyak masyarakat menggunakan berbagai macam aplikasi pinjol (pinjaman online) mulai dari aplikasi yang legal sampai dengan yang ilegal.  Tak jarang pula banyak juga yang melakukan gagal bayar dikarenakan pada saat tanggal jatuh tempo, cicilan tersebut tidak dibayarkan oleh mereka pengguna aplikasi pinjaman online dengan berbagai macam alasan.

Beberapa nasabah pinjol mengalami kesulitan pembayaran dikarenakan bunga yang tinggi. Serta biaya keterlambatan yang besar dari aplikasi pinjol tersebut sehingga melakukan galbay (gagal bayar).

Akibatnya banyak nasabah pinjol yang mendapat teror dari pihak penagih aplikasi pinjaman online. Tetapi tenang saja karena terdapat beberapa cara untuk menghadapi teror pinjol.

BACA JUGA: Pinjaman Online Bunga Rendah, Solusi Finansial atau Ancaman Bagi Masyarakat?

Berikut Cara Menghadapi Teror dari Debt Collector Pinjaman Online

1. Data dan Cache Aplikasi Pinjaman Online

Cara yang pertama adalah anda harus menghapus semua data, cache serta nonaktifkan semua perizinan aplikasi pada handphone anda, kemudian uninstall aplikasi pinjaman online nya. 

2. Ganti Identitas Sosial Media

Usahakan untuk mengubah nama email, ganti nama akun sosial media seperti instagram, facebook dan lain sebagainya. Jika nomer handphone anda tertera pada akun sosial media, segera hapus atau sembunyikan agar tidak mudah dicari oleh debt collector.

3. Setting Pengaturan Telepon dan Whatsapp

Pada handphone anda, setting panggilan menjadi auto tolak pada saat terdapat panggilan masuk dari nomor tidak dikenal dan setting whatsapp agar tidak sembarang orang bisa memasukkan nomor anda ke dalam group whatsapp.

4. Rahasiakan Identitas Pribadi

Segera hindari untuk memberikan informasi pribadi seperti rekening bank atau nomor KTP pada debt collector. Anda hanya perlu untuk memberikan jumlah tagihan anda kepada debt collector tanpa harus memberikan informasi pribadi anda guna untuk menjaga privasi dan identitas diri.

BACA JUGA: Pinjaman Online Ilegal Kian Meresahkan, Waspadai Jeratan Utang dan Ancaman Penyebaran Data Pribadi

Kategori :