HUT ke-79 RI, Pemkab Tegal Gelar Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Purakusuma

Minggu 18-08-2024,13:36 WIB
Reporter : Khikmah Wati
Editor : Khikmah Wati

LEBAKSIU, radartegal.id– Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tegal gelar Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Purakusuma Persada, Sabtu, 17 Agustus 2024 dini hari. Apel kehormatan ini dipimpin langsung oleh Mayor Cpl Yulian Cahyono dan diikuti oleh 250 peserta dari unsur TNI, Polri, Korpri, Satpol PP dan organisasi kemasyarakatan.

TMP Purakusuma Persada ini menjadi tempat disemayamkan pahlawan TNI sebanyak 21 orang, Polri satu orang dan pejuang rakyat sebanyak empat orang. 

“Kami berdoa semoga arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa serta mendapatkan tempat sewajarnya,” ujar Yulian.

Yulian menuturkan kegiatan ini merupakan bentuk penghormatan akan keikhlasan dan kesucian perjuangan para pahlawan untuk kemerdekaan bangsa ini. 

BACA JUGA: 231 Narapidana di Lapas Brebes Dapat Remisi HUT RI, Dua Orang Langsung Bebas

BACA JUGA: Ekonomi Jawa Tengah Tumbuh 4,92 Persen, Nana Sudjana Ungkap Prestasi di Momentum HUT RI

“Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya kepada para pahlawan. Kami bersumpah perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga,” pungkasnya.

Ditemui usai apel, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tegal Trinanda Aji Permana menuturkan jika kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan penuh khidmat.

“Renungan suci ini mengingatkan kita pada perjuangan para pahlawan yang telah mengorbankan dirinya demi kepentingan bangsa ini,” kata Aji.

Dirinya pun berharap ke depannya organisasi kepemudaan bisa turut terlibat dalam apel ini. Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap peringatan Hari Kemerdekaan ini diharapkan dapat meningkatkan kecintaan kepada bangsa dan negara.

BACA JUGA: Semarak Perayaan HUT RI di Brebes Meriah dengan Sejumlah Perlombaan, Anggota DPRD Kami Ikut Senang

BACA JUGA: Sambut HUT RI ke-79, Staf Khusus BPIP Ajak Pemuda Kembali ke Visi Para Founding Fathers

“Apel ini diharapkan bisa meningkatkan jiwa juang dan patriotisme bagi generasi muda,” tutupnya. 

Kategori :