Tips dan Cara Memilih Smart TV Murah Harga 1 Jutaan Tapi Berkualitas Gambar HD, Jangan Tertipu Merek

Sabtu 17-08-2024,09:36 WIB
Reporter : Zuhlifar Arrisandy
Editor : Zuhlifar Arrisandy

3. Sistem Operasi

Samrt TV menggunakan system operasi yang berbeda-beda dari setiap produsenya. Biasanya ada tiga jenis OS yang sering digunakan oleh para produsen Smart TV seperti AndroidTV, WebOS dan Tizen yang memiliki keunggulan masing-masing. 

4. Resolusi Layar

Resolusi layar juga akan mempengaruhi seberapa tajam gambar yang akan dihasilkan. Semakin tinggi resolusi maka semakin banyak pixel dan berbanding lurus dengan kualitas gambar.

Tentunya Anda dapat memilih panel Full HD atau 4k apabila anggaran memungkinkan demi kenyamanan penglihatan yang Anda miliki. 

5. Audio

Sensasi audio tidak dapat dipungkiri akan menambah suasana mengesankan saat Anda menonton film. Pilih Smart TV yang fiturnya dilengkapi dengan surround digital agar efek suaranya terdengar di seluruh sudut ruangan.

BACA JUGA: Layaknya Nonton di Bioskop, Berikut Rekomendasi Smart TV Samsung Layar Besar Terbaik 2024

BACA JUGA: Spesifikasi Smart TV Samsung Q60C QLED, Resolusi 4K yang Didukung Teknologi Quantum HDR

6. Refresh Rate

Refresh rate berarti tingkat kehalusan video yang tampil pada Smart TV, semakin tinggi angkanya maka gerakan yang dihasilkan lebih halus. Angkanya mulai dari 90Hz, 120Hz, 144Hz atau lebih.

Dengan frekuensi angka yang tinggi, kecil kemungkinan akan melihat gambar yang buram pada objek yang sedang bergerak cepat. Sebenarnya fitur ini tidak harus hadir tetapi bagi mereka yang gemar bermain game ataupun memanfaatkan TV sebagai monitor computer maka fitur refresh rate layak dipertimbangkan.

7. Fitur Konektivitas

Anda dapat memilih Smart TV yang memiliki empat port HDM. Hal tersebut penting untuk menghindari dari mengganti kabel setiap ingin menghubungkan TV dengan perangkat tertentu.

Kategori :