120 Rumah dan 35 Lapak di Penjaringan Jakarta Utama Kebakaran, 18 Unit Damkar Diterjunkan

Rabu 14-08-2024,12:13 WIB
Reporter : Khikmah Wati
Editor : Khikmah Wati

JAKARTA, DISWAY.ID - Sedikitnya 120 rumah dan 35 lapak pengepul barang bekas di Kelurahan Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara pada Rabu, 14 Agustus 2024, pagi mengalami kebakaran. Besarnya kebakaran membuat 18 unit kendaraan pemadam dengan kekuatan 95 personel terpaksa diterjunkan.

Namun, petugas sempat mengalami kendala saat melakukan operasi pemadaman kebakaran rumah dan lapak semi permanen tersebut.

"Jalan Menuju TKP (tempat kejadian perkara) macet, dan akses jalan sempit," ungkap Kasi Ops Sudin Gulkarmat Jakarta Utara Gatot Sulaeman mengatakan, kebakaran terjadi sekira pukul 06.30 WIB.

Hal itu menyebabkan, kendaraan pemadam sulit menjangkau lokasi kebakaran. Kendati demikian, Gatot memastikan saat ini kebakaran rumah semi permanen dan lapak tersebut sudah dalam proses pendinginan.

BACA JUGA: 49 Kebakaran Terjadi di Kota Tegal Selama 2024, Satpol PP Lakukan Hal Ini Pakai Mobil Patroli

BACA JUGA: Antisipasi Kebakaran di Pelabuhan Tegal, Kapal-kapal Diminta Lakukan Penyiraman

Menurutnya, jumlah rumah yang mengalami kebakaran mencapai 120 rumah petak dan 35 lapak. Kebakaran melanda bangunan semi permanen dan lapak pengepul barang bekas.

Akibat kebakaran itu kata Gatot, sebanyak 200 jiwa dari 70 kepala keluarga (KK) kehilangan tempat tinggal. Gatot menuturkan, kebakaran diduga disebabkan korsleting listrik dari sebuah rumah semi permanen.

Karena material bangunan yang mudah terbakar, api begitu cepat membesar hingga merambat rumah dan lapak pengepul barang bekas.

"Korsleting listrik dari salah satu rumah petak merambat ke rumah sebelah mengakibatkan terbakarnya rumah petak semi permanen dan lapak," ungkap Gatot.

BACA JUGA: Kandang di Bulakamba Brebes Kebakaran, 30 Ribu Ekor Anak Ayam Mati Terpanggang

BACA JUGA: Antisipasi Kebakaran Saat Pilkada di Brebes, Ini yang Dilakukan KPU

Sedangkan total area yang terbakar yakni seluas 300x50 meter persegi dengan kerugian ditaksir mencapai Rp400 juta.

Dikutip dari Disway.id, salah seorang warga, Ahmad mengatakan, kebakaran bermula sekitar pukul 06.00 WIB. Saat itu dirinya yang baru bangun tidur mendengar ada teriakan kebakaran. 

Dia pun keluar rumah dan mendapati api yang sudah berkobar dari salah satu bangunan.

Kategori :