Misim Kemarau, Petani di Brebes Ramai-ramai Tebus Pompa Air di Pegadaian

Jumat 09-08-2024,16:53 WIB
Reporter : Dedi Sulastro
Editor : Teguh Mujiarto

BREBES, radartegal.id - Sejumlah petani di Kabupaten Brebes mendatangi kantor Pegadaian di Kecamatan Brebes, Jumat 9 Agustus 2024. Kedatangan mereka untuk menebus pompa air yang sempat digadaikan saat musim penghujan.

Kebanyakan para petani menggadaikan pompa air karena saat musim penghujan tidak gudangan. Sehingga, banyak dari mereka yang menggadaikan pompa air untuk mendapatkan modal tanam.

 

Pompa yang ditebus ini, nantinya diperlukan para petani untuk mengambil air dari dalam tanah atau dari saluran irigasi yang masih ada airnya untuk mengairi lahan pertaniannya yang terancam kekeringan.

 

Pimpinan Cabang Pegadaian Brebes Tom Sutoro mengatakan, bahwa memasuki musim kemarau kali ini, banyak petani di wilayah Brebes yang mengambil pompa air untuk ditebus.

 

BACA JUGA: Ratusan Petani Brebes Geruduk Kantor Pemkab Gegara Kesulitan Air, 2.500 Ha Tanaman Kena Dampak

 

BACA JUGA: 67 Hari Tanam, Panen 8,2 Ton, Keresahan Petani Brebes Soal Benih Jagung Manis Kwalitas Unggul Terjawab

 

"Dalam satu bulan terakhir ini, banyak petani yang datang untuk menebus pompa air yang digadai. Rata-rata mereka sebelumnya dapat pinjaman sebesar dua juta, untuk kondisi pompa air yang masih bagus," ungkapnya.

 

Di musim kemarau ini, setiap hari Kantor Pegadaian Brebes bisa melayani pelunasan barang jaminan hingga 2 sampai 5 unit pompa air. Namun, diprediksi akan semakin meningkat seiring musim kemarau yang masih terus berkepanjangan.

 

"Saat ini di kantor kami, masih ada sekitar 300 unit pompa yang digadai petani. Mungkin ke depan masih banyak yang menebus," jelasnya.

 

Terpisah, salah seorang petani bawang merah di Kelurahan Pasarbatang, Surip (60) mengaku, sudah lama menjadi nasabah Pegadaian Brebes. Menurutnya, setiap musim penghujan ia selalu menggadaikan pompa air, yang uang pinjamannya bisa digunakan untuk dipakai beli pupuk serta obat pertanian lainnya.

 

BACA JUGA: Bendung Damrau Bumiayu Rusak, 2 Tahun Petani Brebes Selatan Kesulitan Air untuk Olah Lahan

 

BACA JUGA: Konversi BBM ke BBG, Petani Brebes Dapat 123 Unit Pompa Air Gratis dari Pemerintah

 

"Tapi saat seperti sekarang ini, terpaksa tak ambil karena pompa yang saya gadai diperluhkan untuk menyedot air tanaman bawang merah yang saat ini masih dalam musim tanam, karena kahwatir akan mengering dan gagal panen bila tidak disiram," pungkasnya.

Kategori :