Antisipasi Kebakaran di Pelabuhan Tegal, Kapal-kapal Diminta Lakukan Penyiraman

Rabu 07-08-2024,16:44 WIB
Reporter : Agus Wibowo
Editor : Khikmah Wati

TEGAL, radartegal.id- Untuk mengantisipasi terjadinya musibah kebakaran di Pelabuhan Tegal,  Pelindo menerapkan sistem penyiraman kapal untuk pendinginan. Langkah ini dilakukan sebagai bentuk pencegahan. 

Apalagi, musibah kebakaran di Pelabuhan Tegal sempat hampir terjadi kemarin.

"Ya kemarin nyaris terjadi musibah kebakaran lagi. Namun berhasil kami padamkan," kata General Manager (GM) Pelindo Tegal Tri Sugiatno, Rabu, 7 Agustus 2024.

Insiden yang nyaris membuat kebakaran di Pelabuhan Tegal bermula dari knalpot kapal yang ternyata menyemburkan percikan api hingga mengena ke kapal yang berada di sekitarnya. Tidak pelak, kondisi ini membuat api pun menyala.

BACA JUGA: Sejarah Julukan Haven Zucker Kota Tegal yang Menjadi Permulaan Pelabuhan Tegal

BACA JUGA: 60 Bangkai Kapal Sisa Kebakaran Pelabuhan Jongor Tegal Belum Dibersihkan, Begini Kondisinya

"Tim Pelindo bersama Lanal dan KSOP pun langsung bergerak melakukan pemadaman dengan apar. Dan Alhamdulillah api berhasil dipadamkan," jelasnya. 

Dari kejadian itu, Pelindo bersama dengan KSOP pun kini mengeluarkan aturan kebijakan baru. Di antaranya wajib melakukan penyiraman kapal untuk pendinginan di musim kemarau ini. 

Kemudian para pengurus kapal ikan juga diminta untuk aktif agar kesempatan untuk parkir kapal lainnya bisa bergantian. Termasuk larangan melakukan aktivitas pekerjaan di kolam pelabuhan. Karena resiko musibah potensi kebakaran di Pelabuhan Tegal bisa terjadi. 

Awalnya memang banyak kapal yang susah diatur. Namun, pihaknya mengeluarkan aturan tegas agar bisa terwujud pelabuhan yang nyaman dan aman. 

BACA JUGA: Kebakaran Pelabuhan Jongor Tegal Berlanjut, Tagar Pray for Tegal Menggema dan Dikira Hawaii

BACA JUGA: Kebakaran Pelabuhan Jongor Tegal Disebut Musibah Terbesar, HNSI Jateng Sedih dan Prihatin

"Kami juga menggandeng Syahbandar, AL hingga Polair untuk bisa menata lahan parkir, " ungkapnya. 

Diakuinya, Pelabuhan Pelindo merupakan Pelabuhan barang. Namun karena Pelabuhan ikan di Jongor tidak memadai, akhirnya nelayan melalui Pemkot Tegal meminta agar Pelindo bisa dimanfaatkan pula oleh kapal ikan. 

Kategori :