Profil Fabio Azka Irawan, Penerus Arhan Pratama dengan Lemparan Sama Jauhnya

Senin 05-08-2024,07:14 WIB
Reporter : Nabila Fitri Amelia
Editor : Zuhlifar Arrisandy

radartegal.id - Fabio Azka Irawan merupakan pemain Timnas Indonesia U-16 yang memiliki lemparan maut seperti Pratama Arhan. Dia sukses mencuri perhatian di Piala AFF U-16 2024, saat Skuad Garuda muda menghadapi Singapura di Stadion Manahan, Solo.

Pada laga perdana penyisihan Grup A itu, anak asuh Nova Ariyanto menang telak 3-0. Nah, pada laga tersebut penampilan Fabio Azka Irawan sukses mencuri perhatian.

Bagaimana sosok Fabio Azka Irawan? Pemain berusia 16 tahun itu  banyak yang bilang merupakan penerus Arhan Pratama. Lalu apa saja kemampuan dan skil yang dimikinya, sehingga pemain asal Lampung itu, layak disandingkan dengan salah seorang pemain timnas senior.

BACA JUGA: Mathew Baker Bakal Tetap Jadi Milik Timnas Indonesia, Federasi Australia Putuskan Balik Kanan

Fabio Azka Irawan  penerus Arhan Pratama

Jika sebelumnya ada Arhan Pratama pada Timnas senior, kali ini ada Fabio, yang mempunyai teknik lemparan jauh yang menawan. Pemain muda satu ini memperlihatkan teknik lemparan jauhnya itu, ketika melawan singapura di Piala AFF U-16, Juli lalu.

Tepat di menit ke 39, Fabio mengambil ancang-ancang yang cukup jauh. Kemudian dirinya langsung melakukan lemparan ke dalam ke kotak pinalti, di mana lemparan tersebut berhasil disundul Putu Panji dan menjadi gol.

Profil lengkapnya

Fabio  berhasil memberikan Assist yang berbuahkan gol, umpan tersebut diberikan pada saat lemparan bola. Pemain muda yang berasal dari Lampung lahir pada 29 Februari 2008, merupakan Bek kanan pada Timnas Indonesia U-16.

BACA JUGA: Pilih Bela Timnas Indonesia atau Australia? Inilah Jawaban Resmi Matthew Baker

Fabio Azka Irawan, yang saat ini bernaung di akademi Persija Jakarta, mencuri perhatian dengan gaya bermainnya yang mirip dengan Arhan Pratama, bek kiri andalan timnas senior Indonesia.

Kemampuannya mengombinasikan pertahanan solid dengan serangan yang tajam membuat banyak pengamat menjulukinya sebagai penerus Arhan Pratama.

Munculnya Fabio menjadi angin segar bagi Timnas Indonesia. Upaya PSSI untuk membangun fondasi kuat bagi timnas senior, semakin optimis dengan kehadiran talenta-talenta muda berkualitas, memberikan gambaran akan masa depan yang cerah bagi Skuat Garuda.

BACA JUGA: Usai AFF U-19 2024, Timnas Indonesia Langsung Fokus Persiapan Kualifikasi Piala Asia U-20 2025

Meski masih panjang perjalanannya menuju tim senior, banyak yang yakin bahwa bek kanan ini akan menjadi salah satu bintang masa depan sepak bola Indonesia. Dengan pembinaan yang tepat dan konsisten, bukan tidak mungkin dalam beberapa tahun ke depan, kita akan melihatnya mengenakan jersey timnas senior.

Kategori :