Didik Anak di Era Digital, Orangtua di Kabupaten Tegal Diminta Waspadai Hal Ini saat Peringatan HAN

Selasa 30-07-2024,12:09 WIB
Reporter : Yeri Noveli
Editor : Khikmah Wati

SLAWI, radartegal.id- Mendidik anak di era digital, orangtua di Kabupaten Tegal diminta untuk selalu mewaspadai penggunaan gadget pada anak-anak. Hal ini mencuat saat Pemkab Tegal melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) memperingati Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2024, di Pendopo Amangkurat Kabupaten Tegal, Senin, 29 Juli 2024.

Pj Bupati Tegal Agustyarsyah melalui Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Kabupaten Tegal Suspriyanti mengatakan, pentingnya peran orang tua dan guru dalam mendidik dan melindungi anak-anak agar dapat menjadi generasi yang unggul di masa depan. 

Dia menekankan bahwa pendidikan yang baik akan menjadikan anak-anak sehat secara jasmani dan rohani serta mampu mewujudkan cita-cita menuju Indonesia Emas.

“Anak-anak perlu dididik, diarahkan dan dibimbing dengan baik agar menjadi anak yang sehat jasmani dan rohani. Dengan pendidikan yang baik, mereka dapat mewujudkan cita-cita dan menjadi bagian dari Indonesia Emas," ujarnya.

BACA JUGA: Peringati Hari Anak Nasional, Istri Walikota Tegal: Makanan Bergizi Tidak Harus Mahal

BACA JUGA: Taman Lalu Lintas Astra di Puncak Hari Anak Nasional 2023 Ajari Tertib Berlalu Lintas Sejak Dini

Suspriyanti juga mengingatkan para orang tua untuk lebih berhati-hati dalam mendidik anak di era digital ini. Karena anak-anak tentunya sudah mulai menggunakan gadget seperti ponsel pintar.

Penggunaan teknologi yang bijak dapat memberikan manfaat. Namun jika berlebihan, dapat mengganggu perkembangan anak.

“Oleh karena itu, mari kita arahkan anak-anak kita dengan bijak, agar mereka dapat tumbuh menjadi individu yang berprestasi dan berkarakter baik," ujarnya.

Kegiatan ini diisi dengan berbagai penampilan pentas seni dari pelajar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Sekolah Dasar (SD). 

BACA JUGA: Beri Pesan saat Hari Anak Nasional, Megawati Singgung Kodok dan Kupu-kupu

BACA JUGA: Yamaha Hadirkan Fun Education Activity Untuk Anak-anak Pada Perayakan Hari Anak Nasional 2022

Pemkab Tegal juga menghadirkan Ketua Kampung Dongeng Jawa Tengah Tedi Kartino yang membawakan dongeng inspiratif untuk anak-anak.

Kepala DP3AP2KB Kabupaten Tegal Khofifah mengungkapkan, peringatan HAN ini mengangkat tema tentang Anak Terlindungi, Indonesia Maju. 

Kategori :