Realisasi Pekerjaan Rigid Beton Ruas Jalan Semboja-Randusari Kabupaten Tegal Capai 70,8 Persen

Kamis 18-07-2024,12:21 WIB
Reporter : Khikmah Wati
Editor : Khikmah Wati

SLAWI, radartegal.id- Realisasi paket pekerjaan rigid beton Jalan Semboja-Randusari Kabupaten Tegal telah mencapai 70,8 persen. Hal itu seperti diungkap Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tegal Teguh Dwijanto Raharjo, Rabu, 17 Juli 2024.

Informasi tersebut disampaikannya usai mengikuti rapat di Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Tegal. Menurutnya, pekerjaan pelebaran jalan sepanjang 1.591 meter ini terbagi menjadi tiga segmen.

Berdasarkan laporan konsultan pengawas diketahui ada surplus progres capaian sekitar 9,62 persen. Adapun anggaran yang dialokasikan mencapai Rp7,5 miliar dengan sumber pendanaan dari dana alokasi khusus (DAK) Kementerian PUPR.

Terkait pengalihan arus lalu-lintas Pejagan-Purwokerto akibat penutupan Jembatan Poncol Brebes, pihaknya juga sudah mengantisipasi dan berkoordinasi dengan kepolisian agar ruas Semboja-Randusari ini tidak dipergunakan sebagai jalur alternatif kendaraan berat.

BACA JUGA: Gunakan Anggaran DAK 2024 Rp6,7 Miliar, Perbaikan Jalan Tuwel-Guci Kabupaten Tegal Dimulai

BACA JUGA: Agustus, Perbaikan Jalan Kecipir-Blangko Kabupaten Brebes Ditarget Selesai

Sementara itu, salah seorang warga Desa Randusari, Kecamatan Pagerbarang menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Pemkab Tegal yang telah memperbaiki ruas jalan ini, meskipun dilakukan secara bertahap.

“Saya berharap akses perekonomian di Randusari ini bisa lebih lancar karena jalannya secara bertahap sudah mulai diperbaiki, dicor,” ujarnya. 

Sebelumnya, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Tegal Joko Kurnianto sempat melakukan monitoring pelaksanaan pekerjaan ini di Desa Semboja, Kecamatan Pagerbarang pada Kamis, 13 Juni 2024 siang.

Saat itu, progres pekerjaannya baru mencapai 45 persen. Joko pun merinci tiga segmen yang sedang dikerjakan adalah segmen pertama sepanjang 358 meter, segmen kedua sepanjang 1.033 meter dan segmen ketiga sepanjang 200 meter. Masing-masing segmen ini memiliki lebar badan jalan enam meter dan lebar bahu jalan masing-masing kanan-kiri 0,5 meter.

BACA JUGA: Pastikan Selesai Tepat Waktu, Komisi III DPRD Sidak Perbaikan Jalan di Brebes, Ini Hasilnya

BACA JUGA: Sempat Terhenti Karena Lebaran, Perbaikan Jalan Balamoa-Pangkah Kabupaten Tegal Akhirnya Mulai Dilanjutkan

“Dari monitoring ini kita bisa lihat dan pastikan bahwa pekerjaan lapis fondasi agregat kelas A dan material yang digunakan untuk pengecorannya sudah sesuai standar kelas jalan. Mudah-mudahan hasil akhirnya nanti maksimal,” ungkap Joko.

Kategori :