Pantai Widuri Pemalang, Mengenal Mitos, Asal Usul, Hingga Sosok Penunggu Gaibnya

Senin 15-07-2024,14:41 WIB
Reporter : Abdul Fikri Faqih
Editor : Khikmah Wati

Karena merasa tidak bersalah, Nyai Widuri akhirnya menusukkan pedangnya ke dalam rawa-rawa kecil. Tiba tiba muncul air yang mengucur deras sampai terbentuknya Pantai Widuri sebagai simbol kesetiaan pada suaminya.

Lambang kesetiaan

Setelah membaca asal usul legenda Pantai Widuri Pemalang muncul mitos yang beredar di masyarakat sekitar. Mitos tersebut adalah jika ada seorang pasangan yang mengikat janji di depan Pantai Widuri, kelak akan menjadi pasangan yang setia sampai ajal menjemputnya. 

BACA JUGA: Pesona dan Mitos Pantai Indrayanti di Yogyakarta, Keindahan Alam dan Kisah di Balik Namanya yang Unik

BACA JUGA: 2 Mitos Pantai Kedung Tumpang yang Masih Melekat Hingga Sekarang, Ada Tradisi Ini di Tempat Tersebut

Kisah Mistis dan Sosok Penunggu Pantai Widuri Pemalang

Selain mitos dan asal usulnya, Pantai Widuri Pemalang juga memiliki sisi mistis. Di dekat pantai ini terdapat kuburan massal korban peristiwa 65.

Konon ada 12 warga Pemalang  yang dieksekusi dengan cara ditembak dan dikubur secara masal di sana.  Hal itu yang menjadikan alasan kuat tentang sering terjadinya peristiwa kesurupan pengunjung yang sedang berlibur di sana. 

Salah satu kasus paling populer adalah tentang kesurupan yang terjadi pada pengunjung Pantai Widuri Pemalang sebanyak 20 orang perempuan. Mereka datang untuk berfoto-foto di rumah pohon yang terdapat di area pantai tersebut.

Namun, tiba-tiba salah satu dari mereka mulai menangis histeris, dan perempuan lainnya ikut-ikutan menunjukkan gejala yang sama. Kesurupan  tersebut menyalur sampai kepada enam perempuan yang lainnya.  Masyarakat sekitar banyak yang menghubungkan kejadian itu dengan kaitannya sisi mistis pantai ini. 

BACA JUGA: 700 Tahun Berlalu, Kisah Cinta Tragis yang Menjadi Mitos Pantai Parangkusumo Masih Melekat

BACA JUGA: Mitos Pantai Widuri Pemalang, Mulai dari Dugaan Perselingkuhan hingga Pembantaian Massal

Selain itu, terdapat beberapa kisah dari pengakuan warga sekitar yang sedang berjualan di sekitar Pantai Widuri Pemalang ini. Mereka sering ditampakkan sosok hitam berbadan besar dengan muka yang tidak jelas.

Kategori :