Ingat! Pekan Depan Polisi Gelar Operasi Lalu Lintas di Tegal, Segera Lengkapi Surat-surat Kendaraan Anda

Jumat 12-07-2024,17:48 WIB
Reporter : Teguh Mujiarto
Editor : Teguh Mujiarto

TEGAL, radartegal.id - Setidaknya selama dua pekan jajaran Kepolisian akan menggelar operasi keselamatan lalu lintas di Tegal. Kegiatan Operasi Patuh Candi 2024 itu, akan berlangsung mulai Senin 15 Juli 2024 pekan depan.

Kapolres Tegal Kota AKBP Rully Thomas, SH mengatakan jajaran Kepolisian akan menggelar Operasi Patuh Candi 2024 secara serentak selama dua pekan. Kegiatan akan digelar pada 15-28 Juli 2024. 

"Operasi yang bersifat mandiri kewilayahan ini akan mengedepankan upaya preemtif dan preventif secara humanis. Melalui edukasi dan imbauan kepada masyarakat," katanya usai memimpin Latpraop Jumat 12 Juli 2024 siang.

Menurut Kapolres, kegiatan operasi didukung penegakan hukum dengan mengedepankan sistem ETLE sebagai langkah terakhir. Ada sejumlah sasaran dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

BACA JUGA: Digelar 20 Hari, Operasi Pekat Candi 2024 Amankan Puluhan Tersangka Kasus Perjudian dan Prostitusi

BACA JUGA: Apel Konsolidasi Ops Ketupat Candi 2024 Tandai Berakhirnya Pengamanan Arus Mudik dan Balik Idulfitri 1445 H

"Untuk sasaran dalam kegiatan operasi adalah berbagai pelanggaran yang berpotensi menimbulkan fatalitas kecelakaan lalu lintas. Seperti menggunakan HP saat berkendara, berada pengaruh miras saat berkendara, pengemudi tanpa helm atau sabuk pengaman, melawan arus serta balap liar," terangnya.

Selanjutnya, Kapolres mengimbau kepada anggotanya, agar kegiatan operasi ini jangan dianggap seperti kegiatan yang rutin. Tetapi perlu memberikan inovasi dan kreativitas dalam upaya menanamkan kesadaran berlalu lintas kepada masyarakat. 

"Sehingga mampu menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan dan korban fatalitas akibat laka lantas. Sekarang kita hidup di era yang berbeda, menghadapi masyarakat sekarang tidak bisa seperti dulu, operasi harus melihat dinamika masyarakat yang ada saat ini," tegasnya.

Kasat Lantas AKP Agus Joko Guntoro, menambahkan pada Operasi Patuh Candi 2024 nanti seluruh personel harus memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Hindari sikap arogan dan tunjukkan bahwa Polri adalah pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

BACA JUGA: Kawal Tahapan Pemilu, Polres Tegal Gelar Operasi Mantap Brata Candi 2023-2024

BACA JUGA: Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2023 Polres Tegal

"Kita akan menggunakan pendekatan humanis yang merupakan bagian dari keberhasilan operasi ini. Kami berharap masyarakat melihat upaya ini sebagai bentuk kepedulian Polri dalam menciptakan keamanan dan ketertiban berlalu lintas," imbuhnya.

Kategori :