Gempa Bumi Guncang Batang, Rusak Rumah Warga dan Melukai 3 Penghuninya

Minggu 07-07-2024,18:00 WIB
Reporter : Teguh Mujiarto
Editor : Teguh Mujiarto

BATANG, radartegal.id - Sejumlah bangunan di Kabupaten Batang mengalami kerusakan. Itu, menyusul gempa bumi tektonik yang mengguncang wilayah tersebut pada Minggu 7 Juli 2024 siang.

Selain menyebabkan kerusakan bangunan, gempa juga mengakibatkan 3 orang warga terpaksa harus dilarikan ke rumah sakit. Mereka mengalami luka ringan akibat tertimpa puing-puing reruntuhan bangunan yang rusak.

Berdasarkan informasi yang diperoleh menyebutkan, wilayah yang paling parah terdampak yakni di Kecamatan Warungasem dan Wonotunggal. Salah satunya rumah Mbah Cati, di dukuh Ketandan, Kelurahan Proyonanggan Utara, Batang. 

Akibatnya Mbah Cati dan anaknya mengalami luka ringan akibat tertimpa material bangunan. Mereka pun terpaksa di lapisan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan dari pihak rumah sakit.

BACA JUGA: Cerita Wahyu, Warga Brebes yang Rasakan Gempa Bumi Tegal: Sudah 2 Kali

BACA JUGA: BREAKING NEWS! Gempa M4,6 Guncang Batang Jawa Tengah, KA dari Semarang Terpaksa Dihentikan

Menurut Kapoksek Batang, AKP Sapto Winengku, sesaat setelah kejadian, pihaknya mengevakuasi tiga warga ke Rumah Sakit. Sebab, mereka mengalami luka-luka karena tertimpa material bangunan yang runtuh akibat gempa. 

"Setelah dibawa ke rumah sakit dan mendapatkan pertolongan, 3 korban hanya rawat jalan. Sementara untuk kerusakan bangunan masih dalam pendaataan," ujarnya kepada salah satu awak media. 

Sementara itu, selain merusak rumah-rumah warga, guncangan gempa yang berlangsung sekiatar 1 menit juga merusak bangunan lainnya. Seperti, Masjid Agung Kauman Batang dan ruang kelas SMP N 7 Batang.

Kerasnya guncangan juga dirasakan warga di Kota dan Kabupaten Pekalongan. Video detik-detik terjadinya gempa pun beredar di media sosial. 

BACA JUGA: Gempa Bumi Kabupaten Tegal Terasa Hingga Brebes, Kedalaman Sampai 13 Km

BACA JUGA: Warga Batang Rasakan Dua Kali Guncangan saat Gempa Bumi Magnitudo 6,4 di Bantul-DIY

Tampak dalam video tersebut, gempa menyebabkan warga di pusat-pusat perbelanjaan di Batang dan Pekalongan panik dan histeris. Belum diketahui berapa jumlah korban jiwa maupun luka-luka, serta data kerusakan bangunan. 

Hingga saat ini, BPBD setempat masih melakukan assesment dan pendataan. Sementara itu, berdasarkan siaran resmi BKMG, gempa magnitudo 4.6 terjadi pukul 14:35:25 WIB.

Lokasi gempa berada si titik 6.97 Lintang Selatan dan 109.73 Bujur Timur. Pusat gempa berada di 6 kilometer Barat Daya Batang - Jawa Tengah, dengan kedalaman 10 kilometer. 

Kategori :