Ilustrasinya, pengereman dengan ABS seperti tangan yang menarik dan melepas tuas rem secara berulang dengan cepat. Bedanya hal tersebut terjadi secara secara otomatis.
2. Fungsi dan Kerja CBS
Perbedaan terakhir pada CBS yang menggunakan sistem untuk memperpendek jarak berhenti saat melakukan pengereman dengan mengkombinasikan rem belakang dan depan. Rem belakang dan depan akan bekerja bersamaan meski pengendara hanya menarik satu tuas rem saja.
Saat tuas rem belakang ditarik, kaliper rem belakang dan depan akan memberikan tekanan pada cakram dengan porsi tekanan berbeda secara otomatis.
BACA JUGA: Bukan BeAT, Ini Motor Honda Paling Irit di Indonesia yang Bisa Tembus 94 Kilometer per Liter
BACA JUGA: 5 Poin Plus Motor Honda CBR 250R, Motor Keren yang Menarik Perhatian Saat Digunakan
Dalam kondisi tersebut, equalizer akan bekerja untuk mendistribusikan daya tekanan menjadi dua, yang satu menuju rem roda belakang dan yang satunya lagi menuju ke tuas ungkit. Gunanya untuk menekan knocker yang akan menekan piston hidrolik untuk kemudian bereaksi mengaktifkan rem cakram depan.
Sistem lainnya adalah adanya dua selang minyak rem pada tuas rem belakang, di mana satu menuju kaliper belakang dan selang satunya terkoneksi dengan kaliper depan.
Cara merawat rem motor matic Honda
1. Rutin Bersihkan Kampas Rem
Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan membersihkannya secara rutin. Terlebih jika motor baru saja digunakan untuk melintasi hujan atau jalanan yang digenangi air maupun lumpur. Hal ini disebabkan kampas rem sangat rawan kotor dan jika tidak dibersihkan dapat mengganggu efektivitas kinerjanya.
BACA JUGA: Spesifikasi Motor Honda PCX 175 , Siap-siap Tukar Motor Lama Nih
BACA JUGA: Berapa Biaya Perawatan Honda BeAT dan Vario 2024? Cek Disini Untuk Kisaran Pengeluaran
2. Hindari Penggunaan Rem Mendadak
Tips terakhir yang bisa Anda coba lakukan untuk merawat kampas rem adalah dengan berkendara hati-hati. Hindari berkendara dengan kecepatan tinggi dan kemudian melakukan pengerem mendadak.