Terjebak Macet Ternyata Bisa Menyebabkan Kampas Kopling Mobil Cepat Aus, Ini Penjelasannya

Selasa 11-06-2024,19:41 WIB
Reporter : Devan Aditya Pratama
Editor : Teguh Mujiarto

radartegal.id - Pernahkah Anda merasakan mobil Anda seperti kehilangan tenaga saat terjebak macet? Atau, pedal kopling terasa lebih berat dan tidak sehalus biasanya? Hati-hati, bisa jadi kampas kopling mobil Anda menjadi korban tersembunyi dari kemacetan.

Ya, macet tidak hanya membuat Anda stres dan membuang waktu, tapi juga berdampak buruk pada kesehatan kampas kopling mobil Anda. Gesekan konstan antara kampas kopling dan flywheel saat mobil berhenti dengan gigi persneling masih terpasang menjadi biang keladi kerusakan ini.

Pada kondisi normal, kampas kopling hanya mengalami gesekan saat Anda menginjak pedal kopling untuk memindahkan gigi. Namun, saat macet, kampas kopling dipaksa bekerja ekstra keras menahan beban mesin yang idle, meskipun mobil tidak bergerak.

Hal ini menyebabkan kampas kopling cepat aus dan panas, yang pada akhirnya dapat mengakibatkan kerusakan serius. Berikut beberapa dampak macet terhadap kampas kopling mobil yang perlu Anda waspadai:

BACA JUGA: Jangan Keliru, Ternyata Ini Ciri-Ciri Kampas Kopling Motor Sudah Habis

BACA JUGA: Tips Agar Kampas Kopling Toyota Rush Tidak Cepat Habis, Solusi Hemat Perawatan Mobil Kesayangan

1. Kampas Kopling Cepat Aus

Saat macet, pengemudi seringkali terjebak dalam situasi stop-and-go, di mana mereka harus berkali-kali menginjak kopling setengah kopling dalam waktu lama. Hal ini menyebabkan gesekan berlebih pada kampas kopling dan flywheel, sehingga kampas kopling cepat aus dan tipis.

Kampas kopling yang tipis akan membuat perpindahan gigi menjadi tidak halus dan terasa seperti tertahan.

2. Kopling Selip

Gesekan berlebih pada kampas kopling saat macet dapat menyebabkan kopling selip. Kopling selip terjadi ketika kampas kopling tidak dapat mencengkram flywheel dengan sempurna, sehingga tenaga mesin tidak tersalurkan ke roda dengan baik.

Hal ini ditandai dengan putaran mesin tinggi namun mobil tidak melaju kencang. Kopling selip yang parah dapat membuat mobil tidak bisa bergerak sama sekali.

BACA JUGA: 6 Komponen Mobil yang Bisa Rusak Jika Nekat Terjang Banjir, Salah Satunya Bisa Picu Korsleting

BACA JUGA: Perlu Diwaspadai! Ada 5 Komponen Mobil Terganggu Cuaca Panas, Radiator Hingga AC

3. Bau Hangus

Kampas kopling yang aus dan selip akan menghasilkan bau hangus. Bau ini berasal dari gesekan antar komponen kopling yang menghasilkan panas berlebih. Bau hangus dari kopling merupakan tanda kerusakan yang perlu segera ditangani.

4. Kerusakan Komponen Lain

Selain kampas kopling, macet juga dapat menyebabkan kerusakan pada komponen lain seperti release bearing dan pressure plate. Hal ini dikarenakan komponen-komponen tersebut bekerja keras saat kopling setengah kopling dalam waktu lama.

Release bearing yang rusak akan menghasilkan suara berisik saat kopling ditekan, sedangkan pressure plate yang aus akan membuat perpindahan gigi menjadi kasar.

Tips menjaga kampas kopling saat macet

Kategori :