5 Kesalahan Pemula Ketika Pertama Kali Belajar Mobil Manual atau Mobil Kopling, Nomor 5 Paling Fatal

Selasa 04-06-2024,19:58 WIB
Reporter : Dimas Adi Saputra
Editor : Teguh Mujiarto

Radartegal.id - Kebanyakan orang yang perama kali menyetir mobil manual atau kopling seringkali melakukan 5 kesalahan ini. Apa saja kesalahan pemula ketika pertama kali belajar mobil manual atau mobil kopling? Simak dibawah ini.

Bagi kebanyakan orang, menguasai teknik mengemudi mobil manual adalah sebuah kebanggaan tersendiri. Sistem transmisinya yang tidak membosankan dan enak untuk diajak bermanuver, membuat nilai plus tersendiri pada mobil manual.

Nah karena sistem transmisinya yang lebih kompleks dibanding mobil matic, banyak pemula yang kesulitan ketika belajar mobil ini. Bahkan tanpa mereka sadari, mereka melakukan hal-hal yang sebenarnya tidak boleh dilakukan.

BACA JUGA:China Rilis Mobil Listrik dengan Jarak Tempuh Terjauh di Dunia, Apa Keunggulan dari Dongfeng Voyah Free 318?

Lantas apa sajakah 5 kesalaha-kesalahan yang tidak boleh dilakukan ketika pertama kali belajar menyetir mobil manual atau kopling?

5 kesalahan pemula ketika belajar mobil manual atau kopling

1. Terlalu Cepat Melepas Kopling Saat Start Awal

Kesalahan pertama adalah terlalu cepat melepas kolingh ketika mobil mulai berjalan. Hal ini bisa menyebabkan mesin mati dan hentakan sekejap karena mesin tiba-tiba nendang.

Langkah yang benar adalah dengan memasukan gigi satu terlebih dahulu lalu injak kopling secara penuh. Kemudian lepaskan secara perlahan sembari menekan sedikit pedal gas.

BACA JUGA:6 Fitur Andalan Mobil Honda WR-V 2024, Terdapat Sistem Keselamatan Honda SENSING Terbaru

2. Tidak Menekan Pedal Kopling Secara Penuh Ketika Pindah Gigi

Kesalahan pemula kedua ketika belajar mobil bertransmisi manual atau kopling adalah tidak menginjak pedal kopling ketika oper gigi.

Menahan pedal kopling secara nanggung ketika oper gigi bisa menyebabkan gigi berbenturan. Sebaiknya tekan pedal kopling secara penuh setiap kali ingin mengganti gigi.

Baik ketika menaikan gigi ataupun menurunkan gigi, agar bisa mencegah kerusakan pada sistem transmisi dan memperpanjang umur kopling.

BACA JUGA:Wuling Cloud EV, Inovasi Mobil Listrik Masa Depan yang Bisa Dipacu hingga 150 KM/Jam

Kategori :