7 Mitos yang Dipercaya Bisa Mengusir Hujan, Nomor Empat Paling Aneh dan Tidak Masuk Akal

Kamis 30-05-2024,13:45 WIB
Reporter : Dayu Mila
Editor : Khikmah Wati

Radartegal.id – Ada beberapa mitos yang dipercaya bisa mengusir hujan, baik itu dilakukan di Indonesia maupun beberapa negara lain. Bahkan, tidak sedikit dari beberapa mitos ini mungkin terdengar aneh dan tidak masuk akal.

Meski begitu, mitos yang dipercaya bisa mengusir hujan ini tetap dilakukan masyarakat lokal. Ada beberapa yang benar terjadi entah itu memang karena hal yang dilakukan atau karena kebetulan.

Mitos yang dipercaya bisa mengusir hujan ini sebenarnya memang tidak ada pembuktian ilmiahnya. Namun tetap orang-orang di daerah setempat melakukannya dari generasi ke generasi.

Selengkapnya di bawah ini 7 mitos yang dipercaya bisa mengusir hujan. Mulai dari melakukan tarian, upacara, sampai kebiasaan-kebiasaan aneh yang kurang logis dan tidak ada relasinya dengan cuaca.

BACA JUGA: 5 Pohon Penuh Mitos di Indonesia, Bisa Buat Hubungan Langgeng hingga Jadi Sarang Makhluk Pencuri Uang

BACA JUGA: Mitos Begu Ganjang, Sosok Hantu Tinggi Berlidah Panjang yang Meneror Hutan Sumatra

7 Mitos yang dipercaya bisa mengusir hujan

Ada banyak cara dan kebiasaan tertentu di masyarakat dalam mengusir hujan. Apalagi jika sedang ingin bepergian atau menggelar acara tertentu, berikut di antaranya mitos-mitos yang dipercaya dan masih dilakukan.

1. Tarian Hujan 

Pada beberapa budaya, warga lokal melakukan tarian untuk mengundang atau mengusir hujan. Biasanya hal ini melibatkan sejumlah orang, lagu, sampai upacara tertentu dengan pakaian yang khusus.

Salah satu negara yang memiliki tarian hujan yaitu penduduk asli Amerika. Mereka akan menggunakan beberapa penari termasuk pawang hujan, yang biasanya dilakukan ketika ada acara besar.

2. Doa dan Upacara 

Kebiasaan untuk mengusir hujan yang sering dilakukan yaitu melakukan doa serta upacara. Baik apapun kepercayaannya, doa jadi salah satu hal paling mujarab dalam meminta sesuatu.

BACA JUGA: 5 Pulau di Indonesia dengan Mitos Seram tapi Banyak Dikunjungi Wisatawan, Penasaran? Langsung Datangi Lokasi

Kategori :