5 Bangunan Bersejarah di Jawa Tengah, Salah Satunya Menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO

Minggu 26-05-2024,12:46 WIB
Reporter : Yanuar Eko Bahari
Editor : Khikmah Wati

BACA JUGA: Banyak Yang Belum Tahu, Ternyata Ini Asal Usul Nama Gunung Slamet sebagai Atapnya Jawa Tengah

BACA JUGA: 5 Bangunan Bersejarah di Tegal, Mengulik Kisah Tersembunyi di Balik Keindahan yang Belum Hilang

3. Stasiun Solo Balapan

Stasiun menjadi bangunan bersejarah di Jawa Tengah yang dibangun oleh perusahaan kereta Hindia Belanda, Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij padatahun 1873. Stasiun Solo Balapan juga merupakan satu di antara beberapa stasiun tertua di Indonesia. 

Stasiun utama di Kota Solo ini memiliki atap tajuk bersusun tiga pada lobinya. Sesuai ciri khas Karsten yang selalu memadukan arsitektur Jawa dan Eropa, stasiun ini juga menjadi salah satu hasil karya perpaduan dua gaya arsitektur. Bentuk atap yang dibuat tajuk juga memudahkan sirkulasi udara dan pencahayaan di dalam ruangan.

4. Lawang Sewu Semarang

Lawang Sewu merupakan salah satu destinasi wisata di Kota Semarang Provinsi Jawa Tengah yang menyuguhkan nuansa sejarah pada masa kolonial Belanda.

Hal ini dikarenakan Lawang Sewu merupakan bekas gedung Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS). Selain itu, lawang Sewu juga pernah menjadi penjara paling kejam ketika pemerintahan Jepang.

BACA JUGA: 3 Kisah Misteri Lawang Sewu di Semarang yang Mengundang Penasaran, Nomor 2 Bikin Merinding

BACA JUGA: Miniatur Lawang Sewu! Sejarah Berdirinya Gedung Birao Tegal, Saksi Bisu Perkembangan Kereta Api di Tanah Jawa

Lawang Sewu tak hanya menarik dari sisi sejarah dan kesan misterius serta angkernya. Namun juga menjadi salah satu spot pemotretan untuk pre-wedding.

5. Keraton Kasunan Surakarta

Keraton Kasunanan Surakarta merupakan bangunan bersejarah yang berbentuk istana, dibangun pada 1744 oleh Susuhunan Pakubuwana II. Saat ini keraton Kasunanan Surakarta menjadi salah satu destinasi wisata di kota Surakarta.

Dilansir dari wikipedia.org, sebagian besar kompleks keraton merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kasunanan, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, dan gamelan.

BACA JUGA: 7 Wisata Hidden Gems di Tegal 2024, Manjakan Mata dengan Pemandangan Eksotis yang Tersembunyi

Kategori :