Motor matic yang paling boros bensin juga datang dari Suzuki, yaitu Suzuki Spin. Motor ini adalah salah satu motor matic pertama yang dikeluarkan Suzuki untuk menghadang Yamaha dan Honda di pasaran. Suzuki Spin pertama kali dirilis pada tahun 2006.
Berbeda dengan Yamaha Mio Sporty, motor ini sepi peminat sejak awal karena beberapa alasan, salah satunya adalah karena konsumsi bahan bakarnya yang boros. Akibat rendahnya peminat, Suzuki tidak lagi memproduksi motor matic ini.
3. Vespa Sprint
Vespa Sprint hadir di pasaran dengan harga sekitar 43 jutaan. Motor matic ini memiliki kapasitas mesin 150 cc dan desain klasik.
Namun, sayangnya, harga yang mahal tidak seimbang dengan spesifikasinya. Vespa Sprint tergolong boros bahan bakar, dengan konsumsi 1 liter bensin hanya bisa mencapai 32,5 KM.
BACA JUGA: 7 Cara Agar Rangka Motor Awet dan Tetap Prima untuk Pemakaian Jangka Panjang
4. Honda Vario 110 cc
Brand Honda juga memiliki motor matic yang boros bahan bakar, yaitu Honda Vario 110 cc generasi pertama. Motor ini bisa menempuh jarak 40 km dengan 1 liter bahan bakar Pertamax.
Meskipun irit dibandingkan dengan Vespa Sprint, Yamaha Mio Sporty, atau Suzuki Spin, motor ini termasuk boros jika dibandingkan dengan motor matic Honda lainnya.
Akibatnya, Honda Vario lambat laun kehilangan penggemar karena boros bensin sama saja dengan membuat pengeluaran meningkat, terutama dengan naiknya harga Pertamax dan Pertalite.
Penyebab Motor Boros Bensin
Ada beberapa hal yang menyebabkan motor paling boros bensin, salah satunya adalah proses pembakaran yang tidak sempurna. Hal ini biasanya terjadi akibat jarak renggang di klep yang tidak sesuai dengan spesifikasi pabrikan.