Volume oli yang berbeda bisa menghasilkan daya tekan yang berbeda, sehingga mempengaruhi keausan ban. Panjang per shock yang tidak sama juga dapat menyebabkan perbedaan tekanan yang signifikan.
BACA JUGA: 5 Tips Anti Rem Blong, Cara Mengerem Motor Matic di Turunan yang Benar
Hasil temuan ini mungkin bisa menjawab mengapa ban depan motor matic sering aus sebelah. Namun, untuk memastikan solusi yang tepat, saya menyarankan agar tidak melakukan modifikasi shockbreaker secara sembarangan.
Eksperimen lebih lanjut diperlukan untuk menguji apakah menyamakan panjang shockbreaker bisa mengatasi masalah ini. Masalah ban depan motor yang habis sebelah adalah keluhan umum yang memerlukan perhatian serius.
Ketidakseimbangan tekanan pada shockbreaker kanan dan kiri, perbedaan panjang per shock, serta volume oli yang tidak seimbang adalah beberapa penyebab utama dari masalah ini.
BACA JUGA: 9 Tips Perawatan Kerangka Motor Honda, Cegah Keropos Dini Agar Motor Awet dan Panjang Umur
Penutup
Penting untuk memahami bahwa setiap motor matic dirancang dengan perhitungan yang cermat dari pabrik, sehingga modifikasi pada bagian-bagian penting seperti shockbreaker harus dilakukan dengan hati-hati dan melalui pengujian yang tepat. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pengendara motor matic.(*)