Cara Merawat Motor Bebek Agar Performa Terjamin, Selalu Cek Mesin Dan Pastikan Servis Setiap Bulan

Rabu 15-05-2024,12:24 WIB
Reporter : Yanuar Eko Bahari
Editor : Teguh Mujiarto

4. Rutin memanaskan motor

Memanaskan motor sebelum perjalanan merupakan cara merawat motor bebek yang penting dilakukan, tak terkecuali motor bebek dengan teknologi fuel injection.

BACA JUGA: Cara Merawat Motor yang Baik Setelah Dipakai Mudik Lebaran, Berikut Ini Langkah-langkahnya

Bila kamu mengendarai motor dengan sistem karburator, sebaiknya dipanaskan selama sekitar 5-10 menit. Tujuannya, oli mesin dapat naik dan melumasi semua bagian sebelum komponen mesin saling bergesekan dengan kasar.

Sebaliknya, motor injeksi hanya perlu dipanaskan selama 1-2 menit sebelum digunakan. Yang pasti, hindari menarik gas terlalu dalam saat memanaskan. 

5. Isi angin ban motor 

Tekanan angin pada ban berkurang dengan cepat, terutama saat cuaca dingin. Karenanya, penting untuk selalu memeriksa dan mengisi angin pada ban.

Yang terpenting, pastikan tekanan angin sesuai dengan rekomendasi, yaitu 26 psi. Dengan cara merawat motor bebek ini, perjalananmu akan lebih nyaman dan terhindar dari risiko kebocoran ban.

Selain itu, usahakan untuk mengganti ban sebelum aus. Ban yang halus cenderung licin sehingga motor rawan oleng. 

BACA JUGA: Cara Merawat Motor Warna Doff Terbaru, User Honda dan Yamaha Wajib Tahu Ini

Kesimpulan

Cara merawat motor bebek agar performa terjamin saat berkendara jauh sangat perlu dilakukan, sehingga hal yang tidak diinginkan tidak akan terjadi kepada pengendara. Hal ini terkadang sangat disepelekan beberapa pengendara, akibatnya motor tidak semulus saat baru pertama kali membeli.

Demikian informasi mengenai cara merawat motor bebek agar performa terjamin.      Semoga bermanfaat. (*)

Kategori :