7 Cara Atasi Kamera HP yang Tidak Berfungsi, Jangan Dulu Buru-buru ke Service Center

Jumat 05-04-2024,10:45 WIB
Reporter : Dayu Mila
Editor : Khikmah Wati

BACA JUGA: Cuma 5 jutaan, Vivo V30 Hadirkan Kamera Selfie 50MP dengan Desain yang Pas untuk Bergaya

Biasanya ketika baru mengunduh dan ingin install aplikasi tertentu di ponsel, ada beberapa yang meminta ijin akses kamera. Jika Anda tidak memberikan ijin akses tersebut, maka tiap membuka aplikasinya fitur kamera tidak bisa berfungsi atau blank. 

Maka dari itu, Anda bisa ubah di pengaturan ponsel untuk ijin akses aplikasi yang bersangkutan. Jika masih tidak bisa, coba uninstall aplikasi dan install ulang lagi.

5. Update OS HP

Cara atasi kamera HP yang tidak berfungsi berikutnya dengan coba lakukan update OS atau sistem operasi smartphone Anda. Beberapa masalah pada aplikasi bawaan bisa bersangkutan dengan sistem operasi yang sudah lama tidak diperbaharui.

Baik untuk pengguna Android atau iPhone bisa cek ke masing-masing menu update OS. Segera lakukan pembaharuan agar aplikasi di ponsel bisa berfungsi lagi dengan baik.

BACA JUGA: Rekomendasi Hp Samsung Kamera Bagus Dukung Fotografi dan Videografi

6. Hapus aplikasi dengan ijin akses kamera

Cara memperbaiki kamera HP yang blank bisa coba dengan menghapus aplikasi yang menggunakan ijin akses tersebut. Jika tadi dilakukan pembaharuan atau penutupan aplikasi, coba uninstall aplikasi-aplikasi terkait yang menggunakan ijin akses kamera.

Mulai dari Instagram, TikTok, dan sebagainya yang memang fitur kameranya error. Nanti install ulang lagi di smartphone Anda dan coba gunakan seperti biasanya.

7. Diamkan smartphone sementara

Terakhir, Anda bisa coba diamkan dulu ponsel Anda sementara waktu apalagi jika kondisinya sudah cukup panas setelah digunakan seharian. Setelah sudah membaik, coba gunakan lagi fitur kamera pada ponsel.

Penutup

Cara-cara di atas tadi merupakan alternatif untuk mengatasi kamera HP yang error sendiri di rumah. Jika memang ternyata masih belum bisa, bawa ponsel Anda ke tempat servis resmi agar mendapatkan penanganan lebih detail.

BACA JUGA: 4 Keunggulan HP Redmi Note 13 Pro+ 5G, Smartphone Layar Melengkung Pertama dengan Kamera 200 MP

Demikian 7 cara atasi kamera HP yang tidak berfungsi dan bisa dicoba di rumah. Semoga informasi ini membantu. (*)

Kategori :