Pinjaman KUR BRI, Berapa Lama Proses Pencairan Pinjamannya?

Sabtu 20-01-2024,05:20 WIB
Reporter : Tanti Yulianti
Editor : Zuhlifar Arrisandy

RADAR TEGAL - Jika kamu sedang mencari informasi mengenai berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk proses pencairan pinjaman KUR BRI setelah mengajukan berkas. Kamu bisa mendapatkan jawabannya dari artikel ini.

Penting untuk diketahui bahwa pinjaman KUR BRI 2024 belum secara resmi mengumumkan kapan pembukaannya, tetapi diperkirakan akan dibuka pada bulan Maret mendatang. Menariknya kali ini adalah kemampuan untuk meminjam dana mulai dari 10 juta rupiah hingga maksimal 500 juta rupiah.

Lalu berapa lama sebenarnya proses pencairan ketikakamua mengajukan pinjaman di KUR BRI? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Lama proses pencairan pinjaman KUR BRI

Program KUR BRI bertujuan untuk membantu pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya dengan plafon pinjaman yang tinggi dan suku bunga yang rendah. Pengajuan pinjaman untuk KUR BRI 2024 juga terbilang sangat mudah, dengan dua opsi yang tersedia saat ini, yaitu secara offline dan online.

BACA JUGA: Bikin Ringan Pelaku UMKM, Ini Simulasi Angsuran KUR BRI Pinjaman Rp40 Juta dengan Suku Bunga Rendah

Namun, untuk mengetahui jawaban mengenai seberapa lama proses pencairan KUR BRI sebenarnya bisa dipengaruhi oleh beberapa hal. Bagi kamu yang pertama kali mengajukan pinjaman di KUR BRI mungkin penasaran kapan dan berapa lama proses persetujuan dan pencairan KUR BRI.

Sebenarnya Bank BRI memiliki target untuk menyelesaikan proses pencairan KUR BRI dalam waktu 5 hari. Namun kenyataannya, jumlah permintaan pinjaman dari pelaku usaha UMKM dapat membuat proses tersebut memakan waktu lebih lama kisaran 7 hingga 14 hari.

Namun jika tidak ada antrian yang terlalu banyak kemungkinan kamu akan mendapatkan pencairan KUR BRI hanya dalam waktu satu minggu saja. Sudah banyak nasabah yang mengajukan kredit pinjaman KUR dan kebanyakan mendapatkan pencairan dalam waktu yang cepat.

Jenis-jenis KUR BRI

Sebagai informasi tambahan, KUR BRI 2024 mempunyai tiga jenis, yaitu KUR Mikro BRI, KUR Kecil BRI, dan KUR TKI BRI. Untuk penjelasan dan detail lengkapnya, simak berikut ini informasinya:

BACA JUGA: Cara Lolos Survei KUR BRI 2024 agar Pengajuan Pinjaman Bisa Disetujui hingga Plafon Rp50 Juta

1. KUR Mikro BRI

Bagi yang memilih KUR Mikro BRI, kamu berkesempatan mendapatkan pinjaman hingga maksimal 50 juta rupiah per individu. Pinjaman ini terbagi menjadi dua jenis kredit, pertama, terdapat Kredit Modal Kerja (KMK) dengan tenor maksimal 3 tahun.

Kemudian yang kedua, terdapat Kredit Investasi dengan tenor maksimal 5 tahun. Suku bunga yang dikenakan berkisar sekitar 6 persen per tahun, dan yang lebih baik lagi, tidak ada biaya administrasi yang perlu kamu keluarkan.

2. KUR Kecil BRI

Bagi kamu yang ingin mengajukan KUR Kecil BRI, kamu berhak mendapatkan pinjaman mulai dari 50 juta rupiah hingga maksimal 500 juta rupiah. KUR Kecil BRI menawarkan satu jenis kredit, yaitu Kredit Modal Kerja (KMK), dengan tenor pinjaman selama 4 tahun.

3. KUR TKI BRI

Bagi yang tertarik dengan KUR TKI BRI, kamu dapat mengajukan pinjaman maksimal hingga 25 juta rupiah. Program ini menawarkan suku bunga sekitar 6 persen per tahun, dan yang lebih baik lagi, tidak ada biaya administrasinya.

BACA JUGA: Panduan Pengajuan KUR BRI 2024 Secara Online dan Rincian Besaran Pinjaman

Selain itu, jenis pinjaman ini memiliki masa pinjaman maksimal selama 3 tahun atau sesuai dengan kontrak kerja di negara penempatan seperti Hongkong, Taiwan, Malaysia, Brunei, Korea Selatan, dan Singapura. Program ini dibuat untuk membantu para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri.

Syarat mengajukan pinjaman kredit usaha rakyat

Sebelum kamu memutuskan untuk mengajukan pinjaman KUR BRI 2024, pastikan untuk memenuhi persyaratan berikut:

    Usaha produktif dan layak. Usaha telah beroperasi minimal 6 bulan secara aktif. Tidak sedang memiliki kredit bank, kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan Kartu Kredit. Dokumen yang diperlukan seperti KTP, KK, dan surat izin usaha.
Nah, itulah beberapa ulasan tentang pinjaman KUR BRI, mulai dari berapa proses pencairannya sampai syarat pengajuannya. (*)

Kategori :