7 Makanan yang Tidak Boleh Dimasak Menggunakan Air Fryer, Sudah Tahu Belum?

Minggu 07-01-2024,16:20 WIB
Reporter : Dewi Kusuma Putri
Editor : Khikmah Wati

RADAR TEGAL - Alat masak air fryer kini sedang naik daun karena kepraktisannya untuk memasak dan harganya masih dibilang terjangkau. Meski demikian, tidak semua makanan bisa dimasak menggunakan perangkat ini. Ada juga makanan yang tidak boleh dimasak menggunakan air fryer.

 

Makanan yang tidak boleh dimasak menggunakan air fryer bukan tanpa alasan. Namun, kebanyakan sebab utamanya karena bisa merusak air fryer.

 

Jadi, kalau tidak ingin air fryer kesayangan Anda rusak dan tidak bisa digunakan kembali, alangkah baiknya mengetahui makanan yang tidak boleh dimasak menggunakan air fryer.

 

Berikut ini adalah makanan yang tidak boleh dimasak menggunakan air fryer. Simak sampai habis ya.

BACA JUGA: 4 Cara Memilih Air Fryer Low Watt Terbaik yang Tepat dan Gak Bikin Kantong Kering

Makanan yang tidak boleh dimasak menggunakan air fryer

1. Roti

 

Roti termasuk makanan yang tidak boleh dimasak menggunakan air fryer karena cepat gosong dan suhunya yang terlalu tinggi dapat menimbulkan sifat karsinogenik.

 

2. Keju

 

Selanjutnya keju tidak boleh dimasak menggunakan air fryer karena keju sendiri cepat meleleh dan pastinya cepat gosong jika dimasak di dalam air fryer. Karena keju yang meleleh dan akhirnya bisa merusak alat tersebut.

 

3. Popcorn

 

Meskipun air fryer bisa digunakan untuk memanggang makanan, tetapi popcorn tidak bisa dimasak menggunakan air fryer. hal ini disebabkan air fryer tidak bisa mencapai suhu tinggi untuk memecahkan biji jagung yang keras, disarankan untuk membuat popcorn menggunakan microwave saja.

 

Selain itu biji jagung dapat tersangkut di dalam air fryer, sehingga alat tersebut tidak dapat berfungsi dengan baik.

BACA JUGA: 6 Kelebihan dan Kekurangan Air Fryer yang Harus Kamu Tahu, Nomor 2 Bikin Senang Ibu Rumah Tangga

4. Nasi

 

Nasi juga termasuk makanan yang tidak boleh dimasak menggunakan air. Karena seperti kita tahu nasi dimasak dengan air, tetapi Anda tidak bisa memasukkan air ke dalam air fryer.

 

Karena air fryer ini menghasilkan suhu udara yang panas dan jika memasukkan air, bisa menyebabkan resiko berbahaya.

 

5. Adonan Basah

 

Hindari adonan basah masuk ke dalam air fryer, karena hasilnya tidak akan matang dan bisa menyebabkan kerusakan pada unit. 

 

6. Pasta

 

Sama seperti nasi pasta perlu dimasak di dalam air mendidih dan tidak bisa dimasak menggunakan air fryer. Namun, jika Anda memiliki sisa pasta yang ingin dipanaskan kembali, boleh saja dimasukkan ke dalam air fryer selama beberapa menit.

 

BACA JUGA: Cara Menggunakan Air Fryer agar Makanan Jadi Lebih Enak, Perhatikan Suhu dan Waktu Memasak

 

7. Sayuran hijau

 

Untuk yang terakhir ada sayuran hijau kalau dimasak menggunakan air fryer tidak bisa matang secara merata, karena sistem yang digunakan suhu panas terlalu tinggi. Namun ada juga sayur yang bisa dimasak menggunakan air fryer yakni brokoli. 

 

Intinya yang bisa dimasak menggunakan air fryer sayuran yang memiliki berat agar bisa matang sempurna saat dimasak menggunakan air fryer. Itulah beberapa penjelasan makanan yang tidak boleh dimasak menggunakan air fryer. Semoga membantu. (*)

Kategori :