Cara Membersihkan AC dengan Vacuum Cleaner, Bisa Hemat Budget Servis Mingguan

Sabtu 06-01-2024,16:30 WIB
Reporter : Yanuar Eko Bahari
Editor : Khikmah Wati

Langkah terakhir membersihkan filter, jangan lupa untuk dilap kembali agar tidak ada air dan debu yang masih menempel.

3. Bersihkan Bagian Unit Outdoor

Cara membersihkan AC dengan vacuum cleaner selanjut dengan membersihkan debu yang menempel di kisi-kisi pendingin dengan menggunakan kuas. Gunakan sikat gigi untuk area sempit.

BACA JUGA: Spesifikasi AC Toshiba RAS 10 BKS ID, AC Ramah Lingkungan Dengan Fitur Self Cleaning

Lalu saatnya membersihkan dari dalam, nah pada tahapan ini memerlukan air. Siramkan ke kisi-kisi AC dari sisi depan tanpa melepas bagian kipas. 

Siram dari sela-selanya ke arah depan dan kiri, tetapi jangan terlalu ke kanan, karena ada mesin kompresor yang dilindungi oleh plat seng. Hal y ang perlu diperhatikan adalah cara menyiram.

Usahakan untuk mengayunkan tangan agak kuat, artinya beri tekanan.  Biasanya kalau menggunakan jasa tukang bersih AC, mereka akan menggunakan mesin penyemprot khusus. 

Perhatikan juga tips merawat AC secara rutin

4. Bersihkan Bilah Evaporator

Sebelum melakukan pembersihan pada evaporator, pastikan untuk menutupi area lantai dan dinding di dekat AC.  Saat tahapan ini, air kotor akan menetes dan sangat mungkin mengotori lantai dan dinding di sekitarnya, jadi pastikan untuk menutupi area tersebut.

BACA JUGA: 5 AC Pintar Terbaik dengan Fitur IoT, Bisa Kamu Kendalikan Lewat Smartphone, Cek Selengkapnya

Jika perlu sediakan ember untuk menampung kucuran air, setelah itu bersihkan evaporator dengan menggunakan cairan pembersih AC.  Pengaplikasiannya adalah dengan disemprotkan ke bilah AC agar kumparan evaporator menjadi bersih.

5. Lakukan Pengecekan Setiap Hari

Khusus untuk saluran yang menghubungkan unit dalam dan luar rumah pastikan tidak ada kebocoran.  Tips terakhir, agar lebih hemat, Anda bisa mengunakan cara membersihkan AC dengan vacuum cleander dengan menambah air hasil kondensasi yang menetas di dekat unit outdoor untuk menyiram tanaman.

Demikian informasi untuk menghemat budet Anda dengan mengikuti cara membersih AC dengan vacuum cleaner. Semoga bermanfaat. (*)

Kategori :