Oven dan Air Fryer, Mana yang Lebih Worth It Untuk Dibeli?

Jumat 05-01-2024,09:20 WIB
Reporter : Isna Aisyah
Editor : Teguh Mujiarto

BACA JUGA: Rekomendasi Air Fryer Mito Low Watt Terbaik dengan Harga Terjangkau, Bikin Tagihan Listrik Lebih Hemat

3. Hasil makanan

Dari segi tekstur makanan, keduanya memiliki sedikit perbedaan. Oven konveksi memiliki bantuan kipas, yang dapat mengedarkan udara lebih cepat s ehingga hasil makanan lebih renyah.

Sedangkan, oven regular akan membuat makanan cenderung lebih lembab.  Sementara air fryer, cenderung memiliki tingkat kekeringan yang sangat tinggi.

Sehingga membuat tekstur makanan menjadi lebih renyah, baik pada bagian luar atau dalam. Apalagi, air fryer dapat membuat masakan tanpa bantuan minyak.

Secara keseluruhan, air fryer cenderung lebih rendah lemak dan cocok untuk Anda yang ingin membuat makanan sehat. Anda pun dapat menikmati junk food, tanpa perlu merasa bersalah.

BACA JUGA: Perbedaan Air Fryer dan Oven yang Harus Kamu Tahu, Manakah yang Lebih Bagus?

Tekstur makanan dan rasa yang dihasilkan mirip dengan masakan yang digoreng. Inilah perbedaan oven dan air fryer dari sisi makanan yang dihasilkan.

4. Cara membersihkan alat

Proses membersihkan oven tidak sesulit membersihkan air fryer, loh. Untuk oven, Anda hanya perlu membersihkan bagian permukaan loyang dengan menggunakan lap kering ataupun air.

Sedangkan airfryer, Anda perlu membersihkannya secara keseluruhan, mulai dari bagian keranjang hingga ember di dalamnya sampai bersih.

5. Durasi Memasak

Oven Biasanya menggunakan lebih banyak energi karena ukuran dan waktu memasak yang lebih lama. Serta dapat melakukan berbagai jenis masakan termasuk memanggang, mengukus, dan memasak slow-cooked.

Sedangkan untuk Air Fryer Lebih efisien secara energi karena ukuran yang lebih kecil dan waktu memasak yang lebih singkat. Serta ideal untuk memasak cepat dengan hasil yang renyah dan gurih.

Kesimpulan

Dalam memilih antara oven dan air fryer, pertimbangkan kebutuhan dan preferensi masak Anda. Jika Anda membutuhkan fleksibilitas dan dapat mengakomodasi ruang yang lebih besar, oven mungkin menjadi pilihan yang baik.

Kategori :