Begini Cara agar DC Pinjol Tidak Datang ke Rumah Anda, Pinjam Uang Nyaman Tanpa Terancam dan Terintimidasi

Kamis 04-01-2024,08:50 WIB
Reporter : Devan Aditya Pratama
Editor : Devan Aditya Pratama

BACA JUGA: Keunggulan Yamaha NMAX 160 2024 Dibanding Sebelumnya, Evolusi Mengesankan dengan Teknologi Terbaru

3. Cermati tanggal jatuh tempo

Pastikan Anda mengetahui tanggal jatuh tempo angsuran Anda. Dengan mengetahui tanggal jatuh tempo, Anda dapat mengatur keuangan Anda agar tidak terlambat membayar.

4. Sampaikan kendala

Jika Anda mengalami kendala dalam melakukan pembayaran, segera hubungi pihak pinjol untuk menyampaikan kendala tersebut. Pihak pinjol mungkin dapat memberikan solusi atau keringanan kepada Anda.

5. Mengajukan keberatan

Jika Anda merasa penagihan yang dilakukan oleh DC pinjol bersifat intimidatif, Anda dapat mengajukan keberatan kepada pihak pinjol. Pihak pinjol harus menaati aturan yang berlaku dalam melakukan penagihan.

6. Laporkan ke pihak berwenang

Jika DC pinjol melakukan penagihan yang bersifat ilegal, Anda dapat melaporkannya ke pihak berwenang, seperti kepolisian atau Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

BACA JUGA: 7 Cara Bersihkan Hutang Pinjol dalam Waktu Cepat, Kiat Sukses Bikin Dompet Bebas dari Beban

BACA JUGA: Mengetahui Batas Pinjol dalam Menagih Utang, Cegah Penagihan yang Tidak Etis terhadap Nasabah

Pahami Hak dan Kewajiban Anda

Sebelum mengajukan pinjaman online, penting untuk memahami hak dan kewajiban Anda sebagai konsumen. Hak dan kewajiban tersebut tercantum dalam perjanjian pinjaman yang Anda tanda tangani. Dengan memahami hak dan kewajiban Anda, Anda dapat menghindari penyalahgunaan oleh pihak pinjol.

Pinjam dengan Jumlah Sewajarnya

Pastikan Anda meminjam dengan jumlah yang sesuai dengan kemampuan Anda untuk membayar. Jika Anda meminjam dengan jumlah yang berlebihan, Anda akan kesulitan untuk membayar angsuran dan berisiko terkena penagihan dari DC pinjol.

Jangan Tergiur Bunga Rendah

Kategori :