5 Cara Melunasi Utang dengan Cepat, Salah Satunya Atur Pengeluaran Gaya Hidup

Minggu 31-12-2023,21:40 WIB
Reporter : Zahwa Malaika Aurora Firanoerm
Editor : Khikmah Wati

Caranya dengan melunasinya lebih dulu, kalian bisa mengurangi keseluruhan utang yang harus dibayar secara keselurahan.  Cara kedua juga memiliki kelebihan yaitu bisa terhindar dari risiko bunga yang semakin membesar ke depannya.

Namun, di balik kelebihannya ada kekurangan yaitu kalian harus memiliki kedisiplinan dan komitmen yang besar untuk menyisihkan sejumlah uang yang tak sedikit setiap bulannya.

BACA JUGA:Rahasia Melunasi Utang Pinjol ala Orang Pintar, Modal Baca Ini Jutaan Rupiah Bisa Lunas Tak Bersisa

3. Cicil lebih dari pembayaran minimum

Apabila kalian ingin melunasi utang dengan cepat, mungkin yang satu ini membantu dan bekerja dengan efektif.  Misalnya, kalian punya utang Rp500.000 yang semula ingin dicicil selama 5 bulan. Artinya, kamu harus membayar Rp100.000 tiap bulannya.

Namun, jika kalian lebih rajin dari yang ditentukan misal melebihkannya menjadi Rp150.000 setiap bulan, hutangmu akan terbayar lunas dalam kurun waktu kurang dari 4 bulan.

4. Evaluasi total pengeluaran dan penghasilan

Cara keempat, untuk melunasi utang dengan cepat bisa melakukan cara ini untuk mengurangi beban dan mengubah kebiasaan rutinmu.  Coba hitung kembali dan bisa atur total pengeluaran dan penghasilan dalam satu bulan.

Nilailah sebesar sisa uang yang kalian punya setelah memastikan bahwa seluruh pengeluaran wajib seperti listrik, uang makan, hingga dana darurat sudah disisihkan.  Apabila sisanya masih sangat kurang untuk membayar utang, ubahlah gaya hidupmu secara dramatis.

BACA JUGA:10 Cara Melunasi Utang Pinjol dengan Mudah, Dijamin Cepet Lunas dan Hidup Kembali Normal

5. Lakukan konsolidasi utang

Terakhir, kalian bisa menvoba mengkonsolidasi utang kalian. Tindakan ini adalah menggabungkan seluruh utangmu menjadi satu utang saja dengan bunga yang lebih rendah.

Perlu diperhatikan nantinya, kalian akan melakukan pelunasan utang tersebut bukan melalui bank. Melainkan perusahaan multifinance  atau peer to peer lending.

Metode ini lumrah digunakan bagi para pemegang kartu kredit. Upaya ini bisa dilakukan baik menggunakan jaminan maupun tidak.

Membayar berbagai utang ke sejumlah kreditur bisa sangat merepotkan. Jadi, konsolidasi utang ini dapat menghemat waktu dan bermanfaat untuk kalian.

BACA JUGA:Cara Melunasi Utang Pinjol Lewat OJK, Langsung Kelar dengan 3 Program Ini

Kategori :