10 Tips Menghemat Baterai IPhone, Paling Efektif Bikin Awet Daya dan Tahan Lama iOS

Senin 18-12-2023,02:00 WIB
Reporter : Dewi Kusuma Putri
Editor : Zuhlifar Arrisandy

RADAR TEGAL - Permasalahan pada HP biasanya terletak pada baterai. Salah satunya yakni baterai iPhone lama maupun baru yang sering boros, oleh karena itu Anda wajib tahu tips menghemat baterai iPhone.

 

Seperti kita tahu, jika keseringan melakukan beberapa aktivitas pada iPhone maka akan mempengaruhi daya baterainya. Ini dia tips menghemat baterai iPhone paling efektif.

 

Anda bisa mempraktekkan tips menghemat baterai iPhon e sekarang juga, agar dapat meningkatkan kinerja pada baterai. Berikut ini 10 tips menghemat baterai iPhone selengkapnya:

BACA JUGA: Bocoran Desain iPhone 16 Beredar Luas,, Harganya Setara dengan Sepeda Motor PCX Terbaru

1. Aktifkan Mode Daya Rendah

 

Tips pertama untuk menghemat baterai iPhone adalah aktifkan mode daya rendah, fitur ini bertujuan untuk memperpanjang masa pakai baterai saat diperlukan. 

 

Anda dapat mengaktifkan mode daya rendah dengan cara buka pengaturan> baterai. Ada juga cara paling cepat dan agar otomatis yaitu navigasikan ke pengaturan>pusat kontrol>sesuaikan kontrol> lalu ketuk ikon + .

 

2. Cek Kunci Otomatis dan Atur Kecerahan Layar

 

Kunci otomatis pada layar selama 30 detik itu bisa membantu Anda menghemat masa pakai baterai. Caranya mudah navigasi ke pengaturan> tampilan>kecerahan>kunci otomatis.

 

3. Aktifkan Fitur Low Power Mode

 

Fitur ini berfungsi untuk menghemat baterai iPhone Anda, caranya mudah:

    Buka menu setting Lalu klik baterai Setelah itu, geser layar untuk mengaktifkan low power mode menjadi berwarna hijau

BACA JUGA: Hanya Selisih Rp1 Jutaan, Ini Perbedaan iPhone 11 dengan Samsung Galaxy A54

4. Aktifkan Mode Pesawat

 

Terlihat sepele padahal mengaktifkan mode pesawat saat berada di jaringan sinyal susah dapat menghemat baterai iPhone, caranya cukup mudah :

 

-Buka pengaturan 

-Kemudia klik aktifkan mode pesawat 

 

5. Matikan Layanan Lokasi

 

Saat layanan lokasi tidak dibutuhkan, sebaiknya untuk menonaktifkan hal itu dapat menghemat baterai. Caranya mudah yaitu :

 

- Buka pengaturan

-Lalu pilih opsi privasi

- Kemudian klik nonaktifkan layanan lokasi

 

6. Nonaktifkan Aplikasi Background yang Berjalan

 

Aplikasi yang berjalan pada background ini dapat boros baterai iPhone, oleh karena itu sebaiknya nonaktifkan sekarang juga. Caranya mudah yaitu:

    Buka halaman setting Kemudian klik bagian general Lalu matikan background app refresh dengan cara geser layar ke tombol off.

BACA JUGA: Tak Hanya yang Baru! Ini 5 Rekomendasi Iphone Terbaik Paling Worth It Tahun 2023/2024

7. Hindari Penggunaan iPhone pada Suhu Esktrem

 

Jika Anda menggunakan ponsel iPhone pada suhu yang sangat ekstrem tidak disarankan, karena dapat menguras baterai pada HP. Pasalnya, iPhone dirancang hanya digunakan untuk di suhu 16 derajat celsius sampai 22 derajat celsius.

 

8. Nonaktifkan atau Kurangi Notifikasi

 

Tips menghemat baterai iPhone selanjutnya ialah nonaktifkan atau kurangi notifikasi yang muncul, hal sepele tersebut dapat memakan baterai yang lumayan banyak.

 

Caranya mudah yaitu : buka menu setting > klik opsi notifikasi dan pilih aplikasi apa saja yang dipilih untuk dinonaktifkan notifikasinya.

 

9. Charge iPhone Sebelum Mati

 

Hal paling penting biasanya dianggap sepele ialah memakai HP sampai baterai 0 persen, ternyata itu tidak baik dilakukan karena dapat mengurangi kinerja baterai Anda. Sebaiknya lakukan cek indikator baterai masih sekitar 20% segera lakukan pengisian daya sehingga kuliatas baterai lebih hemat dan awet.

BACA JUGA: Viral di TikTok, Berikut Perbandingan Redmi 12 dan Redmi Note 12 yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Membeli

10. Pastikan Update iOS Terbaru

 

Tahukah Anda bahwa iOS terbaru diluncurkan bertujuan untuk mengoptimalkan fungsi dari iPhone. Sehingga jika selalu mengikuti update iOS terbaru, maka aplikasi dan sistem bisa berjalan secara maksimal bahkan bisa menghemat baterai.

 

Demikian artikel mengenai 10 tips menghemat baterai iPhone yang bisa Anda coba praktekkan sekarang juga. Tips di atas akan menjaga baterai HP iPhone Anda tetap bekerja secara maksimal dalam jangka waktu lama. Selamat mencoba. (*)

Kategori :